Satgas Citarum Bersama Atlet Penyandang Disabilitas Hijaukan Bantaran Sungai Citarum

KILASBANDUNGNEWS.COM – Berbagai upaya terus dilakukan oleh sejumlah elemen masyarakat untuk menjadikan Sungai Citrum lebih baik. Halnya yang dilakukan para atlet penyandang disabilitas yang berada dibawah naungan Organisasi keolahragaan bagi penyandang disabilitas, NPCI (National Paralympic Committee of Indonesia).

Bersama Sektor 7 Satuan Tugas (Satgas) Citarum Hatum, para atlit disabilitas tersebut melakukan penanaman pohon bersama di bantaran Sungai Citarum di Kampung Cembul Desa Rancamanyar Kec. Baleendah Kab. Bandung.

Dansektor 7 Satgas Citarum Kolonel Inf Jefson Marisano mengatakan, jumlah pohon yang ditanam dikawasan tersebut sebanyak 150 batang bibit pohon dari berbagai jenis, diantaranya bibit pohon jabon dan albasia.

“Bibit pohon yang kita tanam yaitu pohon mahoni 60 batang, jabon 50 batang, albasia 20 batang, kayu putih 10 batang dan pohon sodsi 10 batang,” kata Jefson, saat penanam pohon di Kampung Cembul Desa Rancamanyar Kec. Baleendah Kab. Bandung, Senin (5/7/2021).

Jefson menyatakan, tujuan penanaman pohon ini adalah untuk menghijaukan kembali sepanjang bantaran sungai, mencegah erosi dan mengkokohkan bantaran Sungai Citarum.

“Dengan kegiatan ini, kita juga mengajak semua lapisan masyarakat untuk sama-sama menjaga, merawat serta memelihara alam agar alam juga menjaga kita,” ucapnya.

Sementara itu, Pembina NPCI Kab. Bandung Kolonel Purn Asep Kusnaedi, memberikan apresiasi kepada Sektor 7 Satgas Citarum yang telah melibatkan para arlit penyandang disabilitas dalam krgiatan penanaman pohon di bantaran sungai Citarum.

“Ini bentuk kolaborasi yang baik, selain para atlit ini fakus mengejar prestasi, mereka juga bisa melakukan kegiatan diluar itu,” imbuhnya.

Sebelumnya Pangdam III/Siliwangi Mayjen TNI Nugroho Budi Wiryanto, yang juga Pembina NPCI Jawa Barat telah memfasilitasi atlet disabilitas NPCI Jawa Barat untuk berlatih di sarana dan prasarana milik Kodam III/Siliwangi.

Hal itu bertujuan agar para atlet Jawa Barat lebih fokus dan nyaman selama menjalani pemusatan latihan daerah (Pelatda) menuju Pekan Paralimpik Nasionanal XVI Papua 2021. (Parno)