Salman ITB Bangun RS dengan Konsep S4H

Direktur Utama PT Salman Rasidi Semesta, Dadang Rukanta.

Soreang – Pembangunan Masjid Salman Rasidi di Kompleks Rumah Sakit Salman Hospital di Desa Sekarwangi, Kecamatan Soreang, Kabupaten Bandung, secara resmi pada Senin (20/5) dilakukan oleh pihak pengembang, setelah dilakukannya Ground Breaking, oleh Bupati Kabupaten Bandung, Dadang M. Naser, beserta Dewan Pembina dan Pengurus YPM Masjid Salman ITB, para wakif dan alumni Masjid Salman ITB.

Yayasan Pembina Salman ITB menargetkan pembangunan Masjid Salman Rasidi ini bisa selesai 6-8 bulan kedepan, untuk selanjutnya diteruskan dengan pembangunan Rumah Sakit Salman Hospital yang berada ditempat yang sama.

Direktur Utama PT Salman Rasidi Semesta, Dadang Rukanta mengatakan, lahan yang sudah siap dibangun untuk rumah sakit seluas 16.000 m2 dengan lokasi sangat strategis karena sangat dekat dengan jalan tol Soreang Pasir Koja dan kota Soreang yang akan tumbuh menjadi kota besar.

“Melihat dari kebutuhan masyarakat, kita harus hadir dan lahan ini menjadi modal dasar untuk dibangun RS, setelah di survey temyata tanah tersebut sangat cocok dan sesuai dengan RT-RW Kota Soreang,” ucapnya.

Menurut Dadang, RS Salman Hospital akan dibangun secara bertahap, dimana pada tahap I akan dibangun untuk 4 lantai, yang terdiri dari infrastruktur pendukung berupa kantin, laboratorium dan lahan parkir dengan harapan bisa memenuhi kebutuhan masyatakat Kab. Bandung yang berpenduduk mencapai 3,7 juta.

“3,7 juta penduduk secara standar nasional untuk 1.000 penduduk harus ada 1 tempat tidur, Kab. Bandung dari 3,7 juta penduduk baru ada 900 lebih tempat tidur jadi masih sangat kurang untuk RS,” tuturnya.

Dadang menyatakan, kehadiran RS Salman Hospital di Soreang dengan 4 lantai ini sebagai simbol pemerintahan sekaligus untuk memberikan sesuatu yang lebih khas kepada masyarakat dalam pelayanannya tanpa harus memberatkan kepada keluarga pasien.

“Rumah sakit ini terdiri 4 lantai dengan jumlah 100 tempat tidur dengan mengusung value S4H: Safety, Syar’i, Sophisticated, Sustainable dan Hospitality,” kata Dadang, di acara Ground Breaking Masjid Salman Rasidi, di Soreang, Senin (20/5/2019).***


Rep: Suparno Hadisaputro