Rail Clinic Layani Kesehatan Warga di Stasiun Nagreg

Bandung – Sebagai wujud program BUMN Hadir Untuk Negeri, PT Kereta Api Indonesia (Persero) bersama Jasa Raharja menggelar Bakti Sosial Rail Clinic Generasi ke-4 di Stasiun Nagreg, pada Selasa (24/9/2019).

Executive Vice President PT Kereta Api Indonesia Daerah Operasi 2 Bandung Fredi Firmansyah mengatakan Rail Clinic mutifungsi, selain menjadi ruang tindakan medis dan ruang bersalin, ada juga Rail Library (ruang baca).

“Ada empat kereta yang mempunyai fungsi yang berbeda yaitu kereta 1 untuk farmasi dan bersalin, kereta 2 untuk monitoring EKG dan Poli Gigi, kereta 3 untuk ruang belajar dan ruang rapat serta kereta 4 adalah perpustakaan,” katanya.

Menurut Fredi, dalam kegiatan Rail Clinic di Stasiun Nagreg, pihaknya memberikan pelayanan Poli Umum, Poli Gigi, Poli Kandungan, pemeriksaan mata, pemeriksaan kesehatan ibu dan anak (KIA), pelayanan KB, pemberian kaca mata dan penyuluhan kesehatan gigi kepada anak SD.

“Ada 25 kacamata yang kita berikan kepada siswa SD 3 Nagreg, penyuluhan keamanan dan keselamatan perkeretaapian kepada masyarakat dan pelayanan kesehatan gratis diberikan kepada warga Desa Nagreg RT 01, 02, dan 03,” tambah Fredi.

Fredi berharap, kegiatan ini akan mampu memberikan sumbangsih peningkatan taraf kesehatan masyarakat di daerah-daerah, karena konsep RC ini untuk memberikan kemudahan pertolongan dan juga pemeriksaan kesehatan bagi masyarakat di daerah terpencil di sekitar jalur kereta api.

“Kita harap keberadaan RC bisa dirasakan oleh masyarakat yang berada di sekitar jalur kereta yang sulit untuk mendapatkan layanan kesehatan,” ucapnya.***


Rep: Suparno Hadisaputro