Raih Sejumlah Penghargaan, Yana Minta Layanan Lapor Terus Ditingkatkan

Wakil Wali Kota Yana sedang membuka acara Rapat Koordinasi Pengelolaan Aspirasi dan Pengaduan Masyarakat melalui Lapor!, di Balai Kota Bandung, Jalan Wastukencana, Senin (17/12/2018).

Bandung – Meski pengelolaan pengaduan pelayanan publik melalui Layanan Aspirasi Pengaduan Online Rakyat (Lapor!) telah memperoleh sejumlah penghargaan, Wakil Wali Kota Bandung, Yana Mulyana meminta agar pengelolaannya terus ditingkatkan. Karena Lapor! Merupakan saluran aspirasi warga yang efektif.

“Sebagai sarana untuk menjaring informasi, aspirasi dan pengaduan yang bersumber langsung dari masyarakat. Melalui Lapor! ini, berbagai masalah yang berada di Kota Bandung dapat dikelola oleh OPD terkait sesuai dengan bidang permasalahannya,” ujar Yana saat membuka acara Rapat Koordinasi Pengelolaan Aspirasi dan Pengaduan Masyarakat melalui Lapor!, di Balai Kota Bandung, Jalan Watukancana, Senin (17/12/2018).

Yana mengatakan, sejak tahun 2017 Kota Bandung sebagai kota pertama yang mempunyai admin lapor hingga ke tingkat kelurahan. Hal itu membuat pelayanan dan pengaduan masyarakat lebih dekat dan cepat.

“Aplikasi ini penting dan sejalan dengan bandung sebaga kota cerdas atau Smart City. Semua instrumen kota saling berhubung melalui pemanfaatan teknologi dan diakses lebih mudah oleh masyarakat melalui Lapor!,” kata Yana seperti dilansir Humas Pemkot Bandung.

Berdasarkan data Diskominfo Kota Bandung, data sampai tahun 2018 ini, laporan valid yang masuk ke Pemerintah Kota Bandung sebanyak 14.949 laporan. Semua laporan sudah didisposisikan dan ditindaklanjuti oleh OPD terkait sesuai bidangnya.

“Kerja sama dan kolaborasi yang baik antar OPD membuat Bandung masuk 10 besar terbaik Pengelola Pengaduan Publik melalui Lapor! dan meraih penghargaan dari Kemenpan RB. Ini tentu menjadi sebuah prestasi dan pencapain baik,” ujarnya.

“Saya mengapresiasi upaya Diskominfo dan admin yang sudah bekerja dengan baik melayani dan respon beragam keluhan dari masyarakat,” tambahnya.***