Puluhan Korban Keracunan Massal Purwakarta Berangsur Membaik

KILASBANDUNGNEWS.COM – Kondisi puluhan korban keracunan massal di Kampung Cisarua, Desa Sukamulya, Kecamatan Tegalwaru, Kabupaten Purwakarta berangsur membaik. Diketahui 55 warga mengalami keracunan diduga setelah menyantap makanan di sebuah acara ulang tahun.

Pjs Kepala Desa Sukamulya Dedi memastikan seluruh korban keracunan masal telah pulang ke rumah masing-masing. Mereka sebelumnya mendapat perawatan di puskesmas Tegalwaru dan rumah sakit terdekat.

“Alhamdulilah sudah sembuh semuanya,” kata Dedi, seperti dilansir Ayo Bandung, Kamis (7/11/2019).

Ia menyebut, para korban tidak akan menuntut warga yang mengadakan pesta ulang tahun dan menganggap hal itu sebagai musibah. “Dari hasil musyawarah kemarin sudah sepakat para korban tidak akan menuntut,” kata dia.

Dedi mengatakan, sejauh ini penyebab puluhan warga itu mengalami keracunan masih belum diketahui secara pasti. “Iya masih menunggu hasil laboratorium,” ucap dia.

Meski begitu, dia berharap kasus yang menggemparkan wilayahnya itu tidak kembali terulang. “Mudah-mudahan tidak ada lagi kasus keracunan di desa kami,” katanya.

Berdasarkan keterangan dari tim medis Kecamatan Plered dan Sukatani, korban yang datang terserang penyakit gastroenteritis (GEA). Penyakit ini menyebabkan muntah dan diare akibat infeksi atau peradangan pada dinding saluran pencernaan, terutama lambung dan usus.***