Pengusaha Retail di Bandung Diminta Fasilitasi Karyawannya Vaksin Covid-19

KILASBANDUNGNEWS.COM – Para karyawan toko modern dan retail termasuk ke dalam kelompok rentan terpapar Covid-19. Interaksinya dengan banyak orang membuat risiko tertular Covid-19 cukup tinggi.

Wakil Wali Kota Bandung, Yana Mulyana berharap, para karyawan toko modern dan retail memperoleh vaksin Covid-19. Semakin banyak karyawan yang tervaksin, maka akan semakin baik. Sehingga dapat memberi rasa aman dan nyaman, tak hanya bagi karyawan tetapi bagi para pembelinya.

Ia mendukung upaya Indomaret Group cabang Bandung yang menggandeng Pemkot Bandung untuk menggelar vaksinasi Covid-19. “Insyaallah ini bentuk ikhtiar kita semua memberikan keamanan dan kenyamanan baik kepada karyawan maupun para pembeli,” kata Yana saat meninjau pelaksanaan vaksinasi Covid-19 bagi 3000 karyawan Indomaret di Gedung Sibatek, Jalan Jend. Ahmad Yani, Jumat (23/7/2021).

“Saya atas nama Pemkot mengucapkan terima kasih kepada Indomaret Group yang sudah melaksanakan vaksinasi bagi seluruh karyawannya yang melayani gerai-gerai di Kota Bandung,” ucapnya.

Yana berharap kegiatan ini bisa ditiru oleh para pengusaha lainnya. Sehingga herd immunity (kekebalan kelompok) bisa segera terbentuk. “Mudah-mudahan kegiatan ini bisa memotivasi bagi kelompok masyarakat/pengusaha yang lain supaya kita semua dapat mempercepat herd immunity di Kota Bandung,” ungkapnya.

Di tempat sama, Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disdagin) Kota Bandung, Elly Wasliah mengatakan, Indomaret Group cabang Bandung tak hanya memfasilitasi vaksin bagi karyawannya, tetapi juga untuk warga Kecamatan Kiaracondong.

“Hari ini seluruh pegawai Indomaret yang ada di Kota Bandung sudah tuntas divaksin. Ini adalah pertamakalinya retail menyelenggarakan sendiri,” tuturnya.

“Nanti di akhir bulan, Indomaret bekerja sama dengan Kecamatan Kiaracondong, sebanyak 3000 warga akan divaksin di sini. Ada keberpihakan dari Indomaret untuk menyediakan tempat,” tambahnya.

Elly menyebut, dari 25.351 karyawan retail/toko modern yang tergabung dalam Asosiasi Pengusaha Ritel Indonesia (Aprindo), sebanyak 10.986 orang telah mendapat vaksin Covid-19.

“Yang belum divaksin 14.365 atau 56,7 persen. Ini PR dari kami. Tetapi kita akan terus bekerja sama dengan Dinkes agar menyediakan vaksin bagi karyawan retail di Kota Bandung,” tutur Elly. (rls)