Pendaftaran Seleksi Kepala Sekolah Sudah Dibuka

Aplikasi “Si Kasep” (Sistem Seleksi Kepala Sekolah Profesional) . (Foto: Istimewa)

Bandung – Para guru di Kota Bandung bisa mendaftar seleksi Kepala Sekolah secara daring melalui Si Kasep (Sistem Seleksi Kepala Sekolah Profesional) mulai Senin (22/10/2018). Pendaftaran akan ditutup pada 2 November 2018 mendatang.

Kepala Bidang Pembinaan, Pengembangan, Pendidik, dan Tenaga Kependidikan (P3TK) Dinas Pendidikan Kota Bandung, Cucu Saputra mengatakan, guru yang berminat bisa mendaftar melalui situs disdik.bandung.go.id/sikasep. Pendaftar juga bisa mengecek syarat-syarat yang diperlukan serta tahapan seleksi melalui situs tersebut.

“Minimal S1/D4, memiliki sertifikat pendidik, pangkat minimal gol IIIC, pengalaman mengajar minimal 6 tahun kecuali TK/TKLB minimal 3 tahun, serta prestasi kerja guru dalam dua tahun terakhir setidaknya berpredikat baik,” ungkapnya seperti dilansir laman PRFM, Selasa (23/10/2018).

Pada hari pertama pendaftaran, jumlah pelamar seleksi Kepala Sekolah masih terpantau sepi. Menurut Cucu, kemungkinan para calon pendaftar sedang mengumpulkan persyaratan yang dibutuhkan.

“Mendaftarnya mudah, guru tinggal login ke website Si Kasep, dengan memasukan identitas single sign on (SSO) yang sudah dibagikan melalui operator Data Pokok Pendidikan (Dapodik) di sekolah. Kemudian mengunggah persyaratan yang sudah ditentukan,” tuturnya.

Dijelaskan Cucu, Si Kasep ini merupakan salah satu inovasi Disdik Kota Bandung dalam melakukan seleksi calon kepala sekolah. Tujuannya untuk menyelenggarakan seleksi yang transparan dan akuntabel dalam memperoleh kepala sekolah yang profesional. Terlebih ratusan kepala sekolah di Kota Bandung akan memasuki masa pensiun.

“Dari 274 SDN di Kota Bandung, 200 di antaranya kepala sekolahnya akan memasuki masa pensiun, sehingga persiapan seleksinya dilakukan mulai sekarang,” terang Cucu.***