Pemkot Bandung Siapkan Fasilitas untuk Hadapi Virus Corona

Wakil Wali Kota Bandung Yana Mulyana meninjau ruang isolasi pasien Corona di RSKIA Bandung, Jalan K.H. Wahid Hasyim, Jumat (13/3/2020). (Foto: Humas Pemkot Bandung)

KILASBANDUNGNEWS.COM – Pemerintah Kota Bandung telah menyiapkan sejumlah ruang isolasi di beberapa rumah sakit di Kota Bandung untuk pasien yang diduga terpapar virus corona atau Covid-19.

Wakil Wali Kota Bandung Yana Mulyana mengatakan kebijakan itu ditempuh sebagai langkah antisipasi dalam melindungi warga Kota Bandung.

“Ini bentuk kesiapan Pemkot Bandung dalam kasus Co-vid 19. Berbagai fasilitas kesehatan kita siapkan, termasuk simulasi kita lakukan,” kata Yana saat meninjau Rumah Sakit Khusus Ibu dan Anak (RSKIA) Kota Bandung, Jalan Kopo, Kota Bandung, Jumat (13/3/2020).

RSKIA Kota Bandung memiliki dua ruangan isolasi yang siap digunakan pasien corona atau Covid-19. Ruang khusus tersebut sebagai bentuk kesiagaan Kota Bandung dalam menghadapi virus yang mewabah di berbagai negara.

Wakil Wali Kota Bandung Yana Mulyana meninjau langsung ruang isolasi tersebut. Selain itu, dia juga ingin melihat kesiapan RSKIA dalam penanganan pasien Corona.

Yana berharap seluruh fasilitas untuk mengatasi kasus virus corona tersebut tidak digunakan. Dengan kata lain, tidak ada seorang pun warga Bandung yang terpapar virus corona.

“Pemkot Bandung siap dan waspada untuk Covid-19 ini. Tapi kita semua berdoa, apa yang kita siapkan ini tidak digunakan, sehingga tidak ada yang terpapar,” ucapnya.

Menurut Yana, rumah sakit rujukan Covid-19 di Kota Bandung ada di RSHS Bandung dengan 5 ruang isolasi dan RS Rotinsulu 8 ruang isolasi.

Yana menyebut, ruang isolasi di RSKIA Kota Bandung ini akan digunakan bila RSHS dan RS Rotinsulu tak mampu lagi menampung pasien gejala Corona.

“Kita harus siap, meskipun kita berdoa tidak digunakan,” ujarnya. (YUD)