Pemkot Bandung Kembali Gelar Bursa Tenaga Kerja

Wali Kota Bandung Oded M. Danial mengunjungi salah satu stand di Bursa Tenaga Kerja Bursa Tenaga Kerja di Gedung Graha Manggala Siliwangi, Jalan Aceh, Selasa (3/9/2019).

Bandung – Dinas Tenaga Kerja Kota Bandung menggelar Bursa Tenaga Kerja di Gedung Graha Manggala Siliwangi, Jalan Aceh, 3-4 September ini. Pada bursa kali ini, Disnaker Kota Bandung menggandengan 41 perusahaan dengan sekitar 4.000 lowongan pekerjaan.

Sejumlah lowongan yang tersedia di antaranya untuk lulusan SMA/SMK, D3, dan Sarjana.

Wali Kota Bandung Oded M. Danial membuka secara langsung bursa tenaga kerja ini. Dalam sambutannya, Oded mengungkapkan, ini merupakan bursa tenaga kerja ketiga sepanjang ia memimpin Kota Bandung.

“Ini kita lakukan untuk menekan angka pengangguran di Kota Bandung,” kata Oded di sela-sela acara, Selasa (3/9/2019).

Oded mengungkapkan, pada 2016, angka pengangguran di kota Bandung sekitar 9 persen. Namun Pemkot Bandung terus berusaha untuk menurunkan angka penganguran. Salah satunya melalui bursa tenaga kerja. Hasilnya, pada 2018, angka pengangguran menurun menjadi sekitar 8 persen.

Menurutnya, hal ini juga tak lepas dengan sinergititas Pemkot Bandung dengan para pengusaha sebagai penyedia lapangan pekerjaan.

“Saya berharap job fair ini bisa mengurangi pengangguran sekaligus juga membuka peluang untuk masyarakat terutama para pencari pekerjaan,” ujarnya.

Meski digelar oleh Pemkot Bandung, Oded mengaku gembira karena ternyata bursa tenaga kerja ini juga dimanfaatkan oleh warga daerah lain.

“Saya tadi bertanya ke berapa orang peserta. Ternyata KTP-nya bukan hanya warga Kota Bandung. Ada Cileunyi, Bojongsoang (Kabupaten Bandung), dari Padang juga ada. Tapi kita kan NKRI. Harapan saya paling tidak ini bisa membantu pencari kerja,” ujar Oded.***