Pemkot Bandung Dukung Penggunaan GeNose C-19 di Bioskop

KILASBANDUNGNEWS.COM – Pemerintah Kota Bandung mendukung rencana pemasangan alat deteksi COVID-19 GeNose C19 di bioskop-bioskop untuk meningkatkan protokol kesehatan.

Dukungan tersebut disampaikan Wakil Wali Kota Bandung Yana Mulyana menanggapi rencana Menko PMK Muhadjir Effendy dan Menparekraf Sandiaga Uno mengenai rencana pemasangan GeNose C19 di bioskop-bioskop Indonesia untuk menekan penyebaran COVID-19 di ruang publik, khususnya di bioskop.

“Ya prinsipnya kita senang-senang saja,” kata Yana di Jalan Sumatera, Kota Bandung, Jumat (12/3/2021).

Yana mengatakan jika hal tersebut dilakukan di setiap bioskop maka akan memberikan rasa aman dan nyaman. Menurutnya hal tersebut merupakan upaya untuk meningkatkan protokol kesehatan di bioskop.

“Itu kan salah satu upaya. Tes itu nomor satu, yang harus kita pikirkan siapa yang kena biaya beban ini, apakah konsumen, apakah pengusaha atau pemerintah, ini kita tunggu kebijakan pemerintah pusat,” ungkapnya.

Meski begitu menurut Yana yang harus dipertimbangkan adalah pihak mana yang akan menanggung biaya pemeriksaan tersebut.

Oleh karenanya Yana menyatakan masih menunggu kebijakan dan arahan dari pemerintah pusat terkait rencana pemasangan alat deteksi COVID-19 GeNose C19 di bioskop-bioskop.

“Belum. Kita tunggu regulasi pemerintah pusat. Itu harus lewat satu regulasi yang jelas dari pemerintah pusat,” pungkasnya.

Sebelumnya Menko PMK Muhadjir Effendy dengan Menparekraf Sandiaga Uno membahas rencana pemasangan alat deteksi COVID-19 GeNose C19, di bioskop-bioskop Indonesia.

“Jadi saya sudah ada pembicaraan dengan Menparekraf (Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno), untuk pengamanan bioskop nanti akan dipasang GeNose untuk gedung-gedung bioskop. Soal teknisnya nanti masih akan dibicarakan dengan Pak Menparekraf,” kata Muhadjir dalam keterangan di situs resmi Kemenko PMK, Rabu (10/3) lalu.

Kebijakan itu dikeluarkan, dalam rangka menekan penyebaran COVID-19 di ruang publik, khusunya di bioskop. (PUN)