Pemkot Bandung Bakal Bangun Akses Jalan Ke Gedong Cai Tjibadak

KILASBANDUNGNEWS.COM – Pemkot Bandung berencana membuat akses jalan menuju Gedong Cai Tjibadak. Hal itu dilakukan agar mempermudah masyarakat untuk berkunjung ke tempat tersebut.

Mata air Tjibadak dengan bangunan Gedong Cai merupakan peninggalan kolonial Belanda yang berlokasi di Kelurahan Ledeng, Kecamatan Cidadap, Kota Bandung.

Namun sebelum membangun jalan, Pemkot Bandung terlebih dahulu akan mendata atau inventarisasi lahan/tanah di sekitar kawasan itu.

“Kita meninjau lahan ini, yang memang dimungkinkan untuk menjadi akses yang baik dan mudah bagi masyarakat menuju ke Gedong Cai Tjibadak,” kata Wakil Wali Kota Bandung, Yana Mulyana saat meninjau langsung kawasan Gedong Cai Tjibadak, Rabu (23/9/2020).

“Kita ingin memastikan dulu status tanahnya. Kalau status tanahnya sudah jelas, dan milik Pemkot Bandung, Insyaallah secepatnya (dibangun). Karena ini pemberdayaan masyarakat jadi tidak akan lama,” tambahnya.

Selain itu, Yana menjelaskan bahwa sebelumnya Pemkot Bandung juga berencana untuk membuat ruang publik di kawasan tersebut.

“Mudah-mudahan selain menjadi sumber mata air untuk masyarakat, kawasan Gedong Cai Tjibadak ini bisa kita kembangkan menjadi destinasi wisata alam,” tuturnya.

Mengenai penganggaran ia pun mengaku sudah satu frekuensi dengan Wakil Ketua III DPRD Kota Bandung, Edwin Sanjaya.

“Dari sisi anggaran, teman-teman di DPRD Kota Bandung yang bisa mendorong. Tadi ada sepemahaman (dengan Wakil Ketua III DPRD Kota Bandung) bahwa ini mungkin dapat kita aktivasi,” paparnya.

Sementara itu Wakil Ketua III DPRD Kota Bandung Edwin Sanjaya yang juga ikut meninjau Gedong Cai Tjibadak mengaku mendukung upaya Pemkot Bandung.

“Kami melihat ini ada aspirasi masyarakat yang memang layak untuk kita perjuangkan. Insyaallah nanti kita perhatikan dari Dewan,” ujarnya. (rls)