Pangdam III/Siliwangi Lantik 225 Prajurit Muda Secara Virtual

KILASBANDUNGNEWS.COM – Sebanyak 225 prajurit muda mengikuti pelantikan dan Sumpah Prajurit Pendidikan Pertama Tamtama TNI AD Gelombang I Tahun Anggaran 2020. Mereka menjadi Prajurit Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat (TNI AD) dengan menyandang pangkat Prajurit Dua (Prada).

Berbeda dari biasanya, pada masa pandemi Covid-19 ini, upacara pelantikan dan penyumpahan yang langsung dilakukan Pangdam III/Siliwangi Mayjen TNI Nugroho Budi Wiryanto dilakukan secara virtual dari biasanya dilaksanakan secara terpusat di lapangan SECATA Rindam III/Siliwangi Pangalengan Bandung.

Selain upacara dilakukan di Aula Puskodalops Kodam III/Slw, untuk peserta upacara lainnya dalam waktu yang sama juga melaksanakan  dilapangan Dodik Secata Rindam III/Siliwangi Pangalengan dengan mengikuti aturan protokol kesehatan.

Dari 225 Prajurit tersebut, selanjutnya akan mengikuti pendidikan lanjutan di kecabangan masing-masing diantaranya 79 Infanteri, 33 Kavaleri, 16 Armed, 10 Arhanud, 20 Zeni, 10 Peralatan, 23 Perhubungan, 13 Bekang, 1 Ajen, 10 POM, 9 Kesehatan, dan 1 personel masuk Topografi.

Pangdam III/Siliwangi Mayjen TNI Nugroho Budi Wiryanto selaku inspektur upacara berpesan, agar dalam kondisi pandemi Covid-19 ini, untuk mengikuti protokol kesehatan yang berlaku yaitu dengan 3M menggunakan masker, mengatur jarak dan mencuci tangan serta menjaga fisik dan mentalmu untuk mengikuti pendidikan lanjutan dikejuruan masing-masing.

“Setiap kegiatan lakukan dengan ikhlas dan semangat agar apa yang dikerjakan dapat menjadi ladang ibadah dan sebagai bekal pengabdian dalam pelaksanaan tugas di satuan,” ucap Budi, di lapangan Dodik Secata Rindam III/Siliwangi,  Pangalengan, Kamis (24/9/2020).

Pelantikan ditandai dengan pelepasan tanda pangkat siswa dan pemasangan tanda pangkat baru Prajurit Dua (Prada), penyerahan Ijazah kepada perwakilan siswa, penandatanganan naskah serta pelaksanaan penyumpahan. (Parno)