Mang Oded: Sinergi Forkopimda Kunci Penting Ciptakan Kota Kondusif

Wali Kota Bandung, Oded M. Danial saat menerima kunjungan Bupati dan Forkopimda Kabupaten Gianyar, Provinsi Bali di Ruang Tengah Balaikota Bandung, Kamis (13/12/2018).

Bandung – Sinergisitas yang terbangun antar unsur Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) menjadi kunci penting dalam menciptakan kondusivitas. Hal ini terus terjaga dengan baik di Kota Bandung.

Wali Kota Bandung, Oded M. Danial menyampaikan hal itu saat menerima kunjungan Bupati dan Forkopimda Kabupaten Gianyar, Provinsi Bali di Ruang Tengah Balaikota Bandung, Kamis (13/12/2018).

“Kami bersama unsur Forkopimda terus bersinergi memperkuat kolaborasi untuk menciptakan situasi kondusif di Kota Bandung,” kata pria yang akrab disapa Mang Oded tersebut.

Di Kota Bandung, ketika muncul potensi konflik, tidak sampai berkepanjangan dan bisa segera diredam. Hal ini berkat sinergisitas antar Forkopimda dan jajarannya.

Ketika mencuat potensi konflik, Pemkot Bandung melalui Badan Kesatuan Bangsa dan Politik mengumpulkan unsur terkait. Langkah aparat terkait bergerak sesuai dengan tugasnya masing-masing.

Menurut Mang Oded, kebijakan strategis dalam membangun sebuah kota salah satunya harus meningkatkan kolaborasi dengan instansi vertikal seperti provinsi maupun pusat dan instansi horizontal seperti Forkopimda.

“Dengan Dandim, Danlanud, Danlanal, Kapolrestabes, Kajari, sering bertemu di Pendopo Kota Bandung,” ujarnya seperti dilansir Humas Pemkot Bandung.

Dalam kesempatan yang sama, Bupati Gianyar, I Made Mahayastra mengakui kagum dengan Kota Bandung yang merupakan kota besar tapi bisa menjalankan penanganan konflik sosial dengan baik.

“Di kami pun semua agama ada dan bisa hidup berdampingan, rukun. Kami ingin belajar ke Kota Bandung cara menjaga kondusivitas,” ujar pria yang sebelumnya pernah menjabat sebagai Wakil Bupati dan Ketua DPRD tersebut.