Longsor Tutup Setengah Badan Jalan Wanayasa Purwakarta

KILASBANDUNGNEWS.COM – Longsor menutupi sebagian ruas Jalan Kapten Halim di Kecamatan Wanayasa Kabupaten Purwakarta.

Pemerintah desa setempat sempat mengeluarkan imbauan kepada masyarakat agar menghindari jalan tersebut.

Camat Wanayasa Jaya Pranolo melaporkan kejadian longsor itu terjadi pada pukul 16.00 Senin, (25/11/2019) sore.

“Ada sekitar 20 meter panjang tebing yang longsor. Material tanahnya menutupi hingga 2-3 meter lebar badan jalan,” katanya seperti dilansir Pikiran Rakyat, Senin (25/11/2019).

Meski tidak menimbulkan korban jiwa maupun luka-luka, kejadian tersebut sempat mengganggu arus lalu lintas.

Hingga berita ini ditulis, petugas Dinas Pemadam Kebakaran dan Penanggulangan Bencana Kabupaten Purwakarta bersama kepolisian dan warga masih melakukan evakuasi material tanah.

Jaya menduga, longsor terjadi akibat pekerjaan beton penahanan tanah yang belum selesai. Beton setinggi beberapa meter itu diduga tidak kuat menahan material tanah setelah terjadi hujan deras di lokasi selama beberapa jam.

“Arus lalu lintas tidak ditutup sejak awal juga. Sampai sekarang masih bisa dilalui tapi diatur oleh petugas dinas perhubungan dan polisi,” kata Jaya.

Sebelumnya diakui beredar pesan singkat mengatasnamakan pemerintah desa agar masyarakat menghindari jalan yang terkena longsor.

Sementara itu, Kepala DPKPB Kabupaten Purwakarta Wahyu Wibisono mengakui longsor terjadi pada tembok penahan tanah.

“Saat ini masih dalam proses pengangkatan dan pembersihan material tanah. Kami pastikan jalan tidak berbahaya tapi pengguna jalan tetap hati-hati karena jalan licin oleh lumpur,” katanya menegaskan.***