Liga eSports HSL 2018 Akan Digelar

Bandung – Penyelenggara High School League (HSL) 2018, sebuah Iiga eSports untuk para pelajar SMA di seluruh Indonesia, mengumumkan babak kualifikasi akan segera digelar. Sebanyak 8 kota, termasuk Bandung dan Bogor akan menjadi tempat berlangsungnya babak kualifikasi bagi SMA-SMA di wilayah Jawa Barat.

Presiden HSL 2018, Stevanus mengatakan, Liga eSports SMA pertama di Indonesia diselenggarakan untuk mencetak atlet andalan masa depan yang berasal dari dunia pendidikan dengan memperebutkan hadiah senilai Rp1,2 Miliar.

“Hadiah yang diberikan dalam bentuk beasiswa, kurikulum eSports, subsidi ekstrakurikuler, dan dukungan perlengkapan untuk lab eSports sekolah,” ujarnya.

Untuk di Bandung, babak kualifikasi akan diselenggarakan di Immortal iCafe, sedangkan di Bogor berlangsung di Redfox iCafe. Kedua iCafe tersebut merupakan arena eSports berstandar internasional yang telah disertifikasi oleh NVIDIA GeForce-Certified.

Adapun iCafe lain yang menjadi tempat kualifikasi di antaranya Jakarta (Highgrounds, BarracX), Solo (Poseidon), Surabaya (Three Kingdoms), Malang (Hardcore), Medan (Noblenation, iCafe Medan), dan Makassar (GIX).

Pendaftaran HSL 2018 telah dibuka secara online di situs resmi HSL www.ihsl.id. Pihak sekolah yang akan menjadi peserta dapat mendaftarkan timnya hingga 12 Oktober 2018 mendatang.

Tim-tim SMA di Jawa Barat yang Iolos babak kualifikasi akan berkompetisi di turnamen tingkat nasional yang berlangsung di Jakarta untuk memperebutkan gelar tim eSports SMA terbaik Indonesia.

Menurut Stevanus HSL 2018 akan mempertandingkan DOTA 2 sebagai gim utama karena gim Real Time Strategy ini dapat mendorong pemain untuk meningkatkan kemampuan kerjasama, kekompakan, pengambllan keputusan, strategi, sportivitas dan disiplin.

“Liga eSports khusus untuk pelajar SMA ini akan diadakan setiap Sabtu dan Minggu, dan setiap musim kompetisi akan berlangsung selama satu semester,” katanya.***

Suparno Hadisaputro/ LPS PRSSNI Bandung