Lawatan ke Malang, Persib Menang 2-1 Hadapi Arema FC

KILASBANDUNGNEWS.COM – Persib bangkit untuk meraih kemenangan 2-1 atas Arema FC pada pertandingan pekan ke-9 Liga 1 2022/2023 di Stadion Kanjuruhan Kepanjen, Kabupaten Malang, Jawa Timur, Minggu (11/9/2022).

Sempat tertinggal oleh gol Dedik Setiawan pada menit 45, Persib bangkit dengan mencetak dua gol balasan melalui Beckham Putra Nugraha menit 49 dan David da Silva (89).

Menghadapi tim tuan rumah, Persib tak melakukan pergantian komposisi pemain dari pertandingan sebelumnya ketika meraih kemenangan 2-1 atas RANS Nusantara, Minggu (4/9/2022). Itu termasuk dengan ditunjuknya Rachmat Irianto sebagai kapten tim.

Gelandang Persib, Beckham Putra Nugraha bersyukur atas poin penuh di Stadion Kanjuruhan karena merupakan kemenangan keempat Pangeran Biru musim ini.

“Saya mengucapkan terima kasih kepada para pelatih yang sudah memberi saya kesempatan. Alhamdilillah kami mendapat kemenangan. Ini pertandingan yang penting. Di depan, kami akan melawan Barito Putera, semoga ini jadi modal bagus,” kata pemilik nomor punggung 7 Persib itu.

Beckham tampil dari bangku cadangan. Jelang babak kedua bergulir, ia dimasukkan pelatih Luis Milla menggantikan Febri Hariyadi. Beckham mencetak gol yang membuat keadaan menjadi imbang 1-1 pada menit 49.

Musim ini, Beckham baru mencatatkan tiga kali penampilan dan gol ke gawang Arema tersebut adalah yang pertama. Karena itu, ia pun berusaha untuk tak cepat merasa puas karena penampilannya hari ini masih jauh dari kata sempurna.

“Semoga di pertandingan melawan Barito, saya bisa main lebih baik. Saya cukup lama cedera. Tapi alhamdulillah di pertandingan ini, saya bisa bikin gol dan memberi hasil terbaik untuk tim. Semoga saya bisa terus membantu tim mendapat hasil yang terbaik,” harapnya.

Sementara itu satu gol yang dibuat David Da Silva ke gawang Arema FC menjadi gol kedelapannya di musim ini.

Tujuh gol Da Silva sebelumnya dicetak ke gawang Madura United (30 Juli 2022), Borneo FC Samarinda (7 Agustus 2022), brace ke gawang PSIS Semarang (13 Agustus 2022), PSS Sleman (19 Agustus 2022), Bali United (23 Agustus 2022), dan RANS Nusantara (4 September 2022).

Delapan gol yang sudah disumbangkan Da Silva tersebut sudah melewati pencapaiannya pada musim lalu. Ketika itu, ia menyumbangkan 7 gol sepanjang putaran kedua Liga 1 2021/2022.

 

Persib Layak Menang

Pelatih Persib Luis Milla Aspas menyebut kemenangan anak asuhnya atas Arema FC sebagai hasil yang layak didapatkan para pemainnya.

Persib sempat tertinggal lebih dulu oleh gol Dedik Setiawan pada menit 45 namun berhasil bangkit dengan mencetak dua gol kemenangan di babak kedua.

“Kami sempat tertinggal, karena menurut saya, Arema bermain dengan baik di babak pertama. Namun di babak kedua, Persib bermain lebih baik,” kata Milla setelah pertandingan.

Milla sempat berpikir jika pertandingan kontra Arema FC akan berakhir imbang. Namun, di menit-menit akhir pertandingan, David Da Silva membuat Persib mampu membalikkan keadaan.

“Saya sangat senang dengan adanya perubahan yang terjadi di tim yang juga mengubah pertandingan. Kami bisa saja hanya dapat hasil imbang, tapi kami bisa memanfaatkan peluang dan akhirnya membalikkan keadaan. Saya sangat senang karenanya,” ungkap pelatih asal Spanyol itu.

Luis Milla mengungkap dua kunci yang membuat tim asuhannya mampu meraih kemenangan atas Arema FC. Dua hal tersebut menciptakan perubahan di dalam tim yang membuat Rachmat Irianto dan kawan-kawan mampu bangkit dari ketertinggalan di babak pertama.

“Arema sangat kuat, terutama di lini tengah. Di babak pertama, kami mencoba memaksimalkan kedua sayap dengan mengirim umpan-umpan penetrasi ke depan. Febri (Hariyadi) mencoba melakukannya, tapi itu tidak berjalan,” kata Milla.

Karena itu, Milla mengganti Febri dengan Beckham Putra Nugraha. Pergantian itu berbuah dengan terciptanya gol dari Beckham yang membuat keadaan menjadi imbang 1-1.

Selain itu, Persib juga dihuni pemain dengan insting mencetak gol tinggi, seperti pada diri David Da Silva.

“Beckham bisa men-delay untuk mengalihkan perhatian lawan sehingga akhirnya kami mendapatkan peluang. Itu solusinya. Kami banyak diserang di babak kedua, tapi kami punya pemain yang ketika ada peluang, bisa memanfaatkannya dengan baik,” bebernya. (Sumber: Persib.co.id)