Kota Bandung Canangkan “Bersatu” dan Rilis Aplikasi Masjid

Wali Kota Bandung Oded M. Danial meluncurkan Bandung Bersatu di Masjid Al Ukhuwah, Rabu (26/9/2018). (Foto: Humas Pemkot Bandung)

Bandung – Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung mencanangkan gerakan Berjamaah Salat Tepat Waktu (Bersatu). Wali Kota Bandung Oded M. Danial mengatakanGerakan ini sebagai bagian dari semangat Hari Jadi ke-208 Kota Bandung dan Visi Kota Bandung Unggul, Nyaman, Sejahtera dan Agamis.

Selain itu, menurut Oded, gerakan ini merupakan ajakan, khususnya kepada Aparatur Sipil Negara (ASN) Pemkot Bandung untuk melaksanakan salat tepat pada waktunya.

“Saya harap para ASN bisa meluangkan waktu 10 menit sebelum waktu salat datang. Sedang rapat apapun, saya harap berhenti dulu, nanti dilanjutkan lagi,” ungkap Oded usai pencanangan di Masjid Al-Ukhuwah Kota Bandung, Rabu (26/9/2018).

Oded mengatakan, imbauan tersebut untuk mendidik para ASN dan warga untuk disiplin waktu. Selain itu, Oded ingin memupuk keimanan dan ketakwaan kepada Allah SWT.

“Karena saya meyakini bahwa dengan gerakan salat tepat waktu ini ada belajar disiplin. Karena ketika Alquran mengatakan edukasi tepat waktu,” ucapnya.

Imbauan salat tepat waktu itu tertuang dalam surat edaran Pemkot Bandung Nomor 442/SE.084 – Bag. Kesra tertanggal 26 September 2018. Pada surat tersebut, Oded mengimbau kepada ASN yang beragama Islam untuk menunda seluruh aktivitas saat memasuki waktu salat fardu untuk segera melaksanakan kewajiban salat di masjid atau musala.

Para pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) juga diinstruksikan untuk menyosialisasikan dan melaksanakan gerakan Bersatu itu bersama karyawan di lingkungan masing-masing. Kendati begitu, Oded menyatakan tidak akan memberikan sanksi khusus bagi yang tidak mengindahkan.

“Pemimpin itu tugasnya hanya membimbing dan mengedukasi, yang meniai dan memberi sanksi mah Allah, bukan saya,” ujarnya.

Selain mencanangkan Bersatu, Oded juga meluncurkan aplikasi Masjid. Aplikasi yang berasal dari Corporate Social Responsibility (CSR) PT Infokom Exe ini merupakan portal informasi tentang masjid di Kota Bandung.

“Aplikasi ini mudah-mudahan bisa membantu rumah ibadah khsusnya masjid bisa menjadi sumber informasi data. Saya berharap dengan aplikasi ini data masjid betul-betul akurat. Bahkan nanti tidak hanya jumlah masjid, tetapi juga jumlah ustad di Kota Bandung. Sehingga jumlahnya bisa terdata,” jelas Oded seperti dilansir Humas Pemkot Bandung.

Sementara itu, Direktur Utama PT. Infokom Exe Eka Permana mengatakan, aplikasi ini merupakan database bersama antara Dewan Kemakmuran Masjid (DKM), komunitas, dan pemerintah. Informasi yang dapat diakses melalui sistem ini antara lain database komunitas, database keuangan masjid, database fisik masjid, database wakaf, dan lain-lain.

“Kita mendatakan, merapikan, sehingga komunitas masjid yang memang sudah besar ini bisa menjadi sesuatu kekuatan umat,” ujar Eka.

Pada acara tersebut, Pemkot Bandung juga melaksanakan doa bersama dalam mengawali hari di usia 208 tahun Kota Bandung. Doa bersama tersebut dihadiri langsung oleh Wali Kota Bandung Oded M. Danial dan Wakil Wali Kota Bandung, Yana Mulyana.***