KKNM UNLA 2021, Kontribusi bagi Pemberantasan Pandemi Covid-19

KILASBANDUNGNEWS.COM – Kuliah Kerja Nyata Mahasiswa (KKNM) 2021 Universitas Langlangbuana (Unla), menghadirkan berbagai program menarik yang mendukung program pemerintah dan kondisional dengan persoalan yang terjadi di masyarakat, seperti program-program pemberdayaan di masyarakat, membantu mengatasi masalah lingkungan dan upaya mengatasi pandemi Covid-19.

Seperti program yang dilakukan oleh kelompok 22 KKNM 2021 Unla, yang ditempatkan di Cileunyi Wetan Kecamatan Cileunyi Kabupaten Bandung, yaitu pembersihan saluran air, pembinaan tentang bank sampah, pendampingan UMKM ukir kayu dan yogurt, dan program pemberantasan Covid seperti pembagian masker, handsanitizer dan membantu kegiatan vaksinasi yang diselenggarakan untuk warga.

Begitupun yang dilakukan oleh Kelompok 1 yang berlokasi di Cisaranten Wetan dengan dosen pembimbing lapangan Sri Wardani, dimana kelompok 1 ini memiliki program utama daur ulang sampah rumah tangga, mendukung program vaksinasi Covid-19 serta program pendidikan.

Sementara itu, Kelompok 27 yang berlokasi di Desa Jati Endah Kecamatan Cilengkrang, melaksanakan tiga program yaitu program ekonomi berupa pembinaan usaha mikro dan menengah, program kesehatan berupa sosialisasi vaksin dan protokol kesehatan serta progam sosial berupa ruang ramah anak, dan input SGDS.

Yang menarik adalah yang dilakukan oleh kelompok 02 yang berlokaksi di Kelurahan Babakan Penghulu dengan Dosen Pembina Siti Rosimah. Kelompok 02 ini memiliki program unggulan yaitu mendesain platform website Sistem Informasi Pelayanan Publik yang didalamnya memuat menu Informasi dan Komunikasi Pelayanan Publik dan Pemerintahan, Informasi dan Komunikasi Ekonomi Kreatif (UMKM) serta Bisnis Online dan Informasi dan komunikasi berbagai kegiatan sosial dan optimalisasi bansos.

Adapun program partisipatif kelompok ini adalah mensukseskan pelaksanaan program vaksinasi dan pemetaan dan monitoring penerima Bansos.

Program KKNM lainnya yang berkaitan dengan pengembangan teknologi, dilakukan oleh Kelompok 20 yang berlokasi di Desa Gajahmekar Kecamatan Kutawaringin dengan Dosen Pembimbing Agung Cahya Gumilar. Program tersebut berupa edukasi pelatihan Komputer dasar bagi masyarakat, Literasi dan Adaptasi Teknologi Pembelajaran serta program kebersihan lingkungan.

KKNM 2021 ini dilaksanakan selama satu bulan, mulai dari awal Agustus sampai September 2021. Meskipun KKNM ini dilaksanakan secara daring dan luring terbatas, namun hal ini tidak mengurangi jumlah program, aktifitas dan intensitas yang dilakukan oleh para mahasiswa di lapangan. Bravo untuk mahasiswa UNLA. (Parno)