Kilas Bandung, Senin (25/2/2019)

KilasBandung – Pengelolaan terminal Leuwipanjang dan Cicaheum segera diambil alih pemerintah pusat. Wali Kota Bandung Oded M. Danial berharap pengelolaan kedua terminal tersebut segera dilakukan karena sudah tidak layak berada di dalam kota.

Wakil Wali Kota Bandung Yana Mulyana kembali mengajak seluruh masyarakat kota Bandung untuk mulai mengurangi penggunaan kantong plastik, terutama saat berbelanja. Berbagai inovasi juga dilakukan Pemerintah Kota Bandung dalam menyelesaikan masalah sampah.

Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman menilai saat ini limbah yang dibuang ke sungai sudah mulai berkurang. Deputi Bidang Sumberdaya Manusia, IPTEK dan Budaya Maritim Kemenko Maritim, Safri Burhanuddin mengatakan kondisi tersebut jauh berbeda jika dibandingkan sebelum adanya satgas Citarum Harum.

Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menyatakan banyak sungai di Jawa Barat yang menjadi tempat pembuangan limbah, khususnya limbah medis. Kepala BNPB Letjen Doni Monardo mengatakan akibat dibuangnya limbah medis, air sungai menjadi tercemar dan mengandung bakteri yang berbahaya bagi tubuh manusia.

Dalam 5 tahun mendatang, Pemerintah Kota Bandung berencana membangun 11 pasar melalui rehabilitasi dan revitalisasi yaitu pasar Cijerah, pasar Cicaheum, pasar Sederhana dan pasar burung Sukahaji juga pasar Gegerkalong serta pasar Kosambi. Pasar lainnya adalah pasar Sadang Serang, pasar Astana Anyar, pasar Leuwipajang, termasuk pasar Ujungberung dan pasar Ciwastra.

Gelaran kampanye Milenial Road Safety Festival mengajak masyarakat terutama kaum milenial untuk aman berkendara. Kasatlantas Polrestabes Bandung AKBP Reza Agung berharap melalui kampanye ini dapat mengurangi angka kecelakaan lalulintas, terutama yang mengakibatkan korban jiwa.***

Dengarkan Audio Podcastnya di sini.