Kilas Bandung, Senin (18/6/2018)

KilasBandung – PT PLN Distrihusi Jawa Barat menyiapkan 2.633 personil untuk menjaga kehandalan distribusi listrik selama libur Hari Raya Idul Fitri 1439 Hijriah. General Manager PT PLN Distribusi Jawa Barat, Iwan Purwana menuturkan selain menyiapkan personil, pihaknya juga telah menyiapkan sarana pendukung lainnya, seperti kendaraan sebanyak 560 unit, Genset 99 unit, mobil crane 18 unit, mobil deteksi 9 unit dan Unit Gardu Bergerak sebanyak 101 unit. Menurut Iwan, sesuai dengan prosedur tetap, pihaknya juga telah menginventarisasi lokasi penting Hari Raya Idul Fitri 1439 Hijriah, yaitu sebanyak 1.120 lokasi kegiatan yang tersebar di 15 area kerja di wilayah Jawa Barat.

Ada 7 titik yang menjadi prioritas utama yang harus diperhatikan pada saat hari raya dan pasca Idul Fitri, Pasalnya, ketujuh titik tersebut merupakan pusat berkumpulnya masyarakat yang menyebabkan banyaknya sampah berserakan. Direktur Utama PD Kebersihan Kota Bandung. Deni Nurdiana Hadimin menyebutkan ketujuh titik tersebut, adalah Jalan Asia Afrika, Alun-alun kota Bandung, Jalan Otista, kawasan Dago, Ujung Berung, Cihampelas, Andir, dan kawasan Cibaduyut.

Meski tengah melaksanakan cuti bersama atau libur panjang, Pemkot Bandung tetap melakukan persiapan Pilkada serentak. Pjs Walikota Bandung Muhammad Solihin meminta kepada seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemkot Bandung yang berkaitan dengan Pilkada serentak, untuk tetap bekerja memenuhi tahapan Pilkada, antara lain membantu distribusi logistik Pilkada. Lebih lanjut Solihin mengucapkan terima kasih kepada keluarga ASN, yang merelakan istri maupun suaminya, untuk tetap bekerja di hari libur.

Pjs Walikota Bandung Muhammad Solihin mendesak Dinas Sosial dan Penanggulangan Kemiskinan (Dinsosnanngkis) Kota Bandung untuk terus menjaring para Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial (PMKS). Penertiban itu dilakukan, agar kota kembang Bandung ini, bersih dari anak jalanan, gelandangan, dan pengemis. Solihin juga meminta kepada seluruh jajaran Dinsosnangkis Kota Bandung untuk bertindak sabar dan tidak ada kekerasan, dalam menangani masalah PMKS tersebut.

Managemen Rumah Sakit Hasan Sadikin (RSHS) Bandung, sudah siap siaga untuk pelayanan Instalasi Gawat Darurat selama libur Hari Raya Idul Fitri. Kesiapan itu dilakukan, jika dalam masa libur tersebut, terjadi kejadian yang luar biasa. Direktur Utama RSHS Nina Susana Dewi mengatakana, sesuai SOP yang sudah dibuat, jika dalam waktu libur panjang lebaran tersebut terjadi bencana, maka pihaknya sudah menyiapkan empat dokter, empat bagian bedah dengan jumlah perawat sesuai kebutuhan, dengan total pegawai yang disiagakan mencapai 236 orang. Nina menambahkan, pihaknya juga telah menyiapkan puluhan kendaraan ambulans jika sewaktu-waktu dibutuhkan untuk memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat.

Pangdam III/Siliwangi, Mayor Jenderal TNI Besar Harto Karyawan mengajak masyarakat Jawa Barat dan Kota Bandung, untuk kembali memulai kehidupan yang sehat. Pangdam mengatakan, mengawali hidup sehat itu dimulai dari lingkungan serta pekarangan tempat tinggal masing-masing. Satu diantaranya adalah dengan berkebun yang terbebas dari pencemaran zat kimia yang digunakan sebagai pupuk.***