Kilas Bandung, Sabtu (29/9/2018)

KilasBandung – Meski sudah mengerti tentang pentingnya mendukung anak tumbuh bahagia, pada kenyataannya masih banyak orang tua yang masih belum bisa memaksimalkan keterlibatan emosional mereka bersama anak. Psikolog Elizabeth Santosa menjelaskan, tantangan hidup modern dan interaksi dengan smartphone justru membuat keterlibatan emosional menjadi tantangan baru bagi orang tua. Begitu juga tekanan hidup yang tinggi dapat berdampak kepada kebahagiaan orang tua itu sendiri.

Pemerintah Provinsi Jawa Barat akan memberikan bantuan alat berat untuk mendukung pengerukan Sungai Citarum yang sedang dilakukan oleh jajaran Kodam III/Siliwangi. Saat melakukan peninjauan ke sektor 6 Citarum Harum di kawasan Bojongsoang, Kabupaten Bandung, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menyatakan memiliki komitmen kuat untuk mengatasi krisis lingkungan, salah satunya adalah dengan menyelesaikan masalah Citarum.

Reaktivasi jalur kereta api dari Bandung menuju Ciwidey akan digunakan untuk mengangkut penumpang ketimbang barang. Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Jawa Barat, Dedi Taufik menuturkan, dalam program reaktivasi ini kemungkinan ada penambahan beberapa stasiun untuk mengakomodasi masyarakat yang ingin menggunakan kereta api. Dedi berharap, percepatan reaktivasi jalur kereta api bisa menekan kepadatan arus lalu lintas kendaraan bermotor yang setiap hari terjadi.

Kepolisian Daerah Jawa Barat menggelar rapat tertutup yang diikuti oleh seluruh Kapolres dan Kapolsek se-Bandung Raya. Rapat digelar dalam rangkaian persiapan jajaran Polda Jabar menghadapi Pemilihan Legislatif dan Pemilihan Presiden 2019 mendatang. Kapolda Jawa Barat Inspektur Jenderal Polisi Agung Budi Maryoto mengatakan, pihaknya akan mengerahkan sebanyak 22 ribu personil gabungan dari unsur Polri dan TNI yang bakal disiagakan di seluruh TPS di Jawa Barat.

Meski dirasakan cukup sulit untuk mengubah kebiasaan warga dari penggunaan kendaraan pribadi ke transportasi umum, tidak menyurutkan semangat Pemerintah Kota Bandung. Untuk membuktikan hal tersebut, Pemkot Bandung kembali melakukan uji coba Bis Trans Metro Bandung (TMB) dengan harga spesial yaitu sebesar Rp500 saja. Walikota Bandung Oded M. Danial berharap dengan adanya subsidi ini maka masyarakat kota Bandung secara bertahap mau beralih menggunakan moda transportasi umum.

Sementara itu Kepala Dinas Perhubungan Kota Bandung Didi Ruswandi mengatakan, tarif spesial TMB hanya berlaku untuk trayek Cibiru-Cibeureum, Cicaheum-Cibeureum, dan jalur Cicaheum-Sarijadi. Menurut Didi, harga tersebut hanya berlaku bagi penumpang yang menggunakan sistem tiket elektronik Bandung Smart Card (BSC). Pengenaan tarif TMB Rp500 hanya berlaku mulai 25 September hingga 16 Oktober 2018.***