Kilas Bandung, Sabtu (26/1/2019)

KilasBandung – Forum Bandung Sehat (FBS) menargetkan bertambahnya jumlah kelurahan Open Defecation Free ODF atau bebas dari buang hajat sembarangan. Ketua Forum Bandung Sehat, Siti Muntamah Danial mengatakan baru ada 6 dari 151 kelurahan di kota Bandung yang sudah ODF.

Wali Kota Bandung Oded M. Danial mendorong kesuksesan FBS sehingga selain menjadi sehat secara fisik, Kota Bandung juga mampu menghadirkan pelayanan publik yang sehat dan bersih. Tahun lalu Kota Bandung meraih piala Swasti Saba Wistara karena dinilai berkontribusi di bidang kesehatan.

Perpustakaan belum bisa beroperasi karena bangunannya belum diserahterimakan dari pihak swasta kepada Pemerintah Kota Bandung. Kepala Dinas Tata Ruang Kota Bandung Iskandar Zulkarnaen mengatakan pembangunan perpustakaan di alun-alun Bandung merupakan diskresi dalam Keputusan Wali Kota Bandung masa kepemimpinan Ridwan Kamil.

Sebanyak 242 perguruan tinggi swasta (PTS) di Jawa Barat dan Banten belum terakreditasi. Kepala L2DIKTI Wilayah IV Jawa Barat dan Banten Uman Suherman mengatakan banyak PTS lebih bersemangat membuka program studi baru dibanding meningkatkan akreditasi program studinya.

Satu-satunya cara untuk mencegah semakin banyaknya penderita Thalasemia adalah dengan pemeriksaan dini, terutama bagi calon pengantin. Ketua Yayasan Thalasemia Jawa Barat Chaerul Amri menganjurkan kepada pasangan yang akan menikah untuk melakukan screening.

PT KAI memperpanjang tarif nol rupiah untuk KA Galunggung jurusan Kiaracondong-Tasikmalaya hingga 25 Februari 2019. Dirut PT KAI Edi Sukmoro berharap langkah ini disambut baik semua pihak dengan melakukan sinergi dalam berbagai bidang, misalnya penyediaan paket wisata dengan angkutan kereta api.***

Dengarkan Audio Podcastnya di sini.