Kilas Bandung, Rabu (5/12/2018)

KilasBandung – Semaraknya gerakan mereduksi sampah melalui program kurangi, pisahkan dan manfaatkan (kangpisman), membuat Wali Kota Bandung Oded Muhammad Danial menyebut di Kota Bandung akan musim Kangpisman. ┬áMenurut Oded, saat ini hampir di semua RW di Kota Bandung sudah dimulai gerakan mengolah sampah di tingkat sumber, bahkan sudah berdiri sejumlah bank sampah swadaya, untuk memilah sampah hingga memiliki nilai ekonomi.

Untuk mengatasi banjir di kawasan yang terlewati aliran sungai Citepus, pemerintah Kota Bandung akan menambah kolam retensi di Sirnaraga di tahun 2019 mendatang. Kabid Pemeliharaan Dinas Pekerjaan Umum Kota Bandung Tedi Setiadi mengatakan proyek kolam retensi Sirnaraga tahap kedua akan mampu menampung air lebih banyak di aliran Sungai Citepus.

Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jawa Barat, Idham Kholiq mengatakan media arus utama atau mainstream, memiliki kontribusi besar dalam menciptakan Pemilu yang berkualitas. Menurut Idham, media mainstream merupakan sumber utama bagi masyarakat, untuk memperoleh informasi yang obyektif.

Untuk meningkatkan masuknya penanaman modal asing atau PMA ke Jawa Barat, Bank Indonesia dan Kedubes RI untuk Singapura, menggelar Forum Investasi dengan mengundang sejumlah investor asal Singapura. Deputi Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Jawa Barat, Sukarelawati Permana mengatakan, sejumlah sektor ditawarkan dalam forum investasi tersebut. ***

Dubes RI untuk Singapura, Ngurah Swajaya mengatakan, kunjungan misi bisnis pengusaha Singapura untuk menjajaki peluang kerjasama bisnis di berbagai bidang. Menurut Swajaya, total realisasi investasi Singapura di Jawa Barat dalam 10 bulan terakhir tahun 2018 mencapai lebih dari 1 miliar dolar Amerika. Sedangkan secara nasional, investasinya mencapai 6 koma 7 miliar dolar Amerika.***