Kilas Bandung PRSSNI, Senin (6/1/2020)

KilasBandung – Jumlah peristiwa kebencanaan yang terjadi di Jawa Barat dalam lima tahun terakhir meningkat setiap tahunnya. Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD Jabar Didi Adji Siddik mengatakan pihaknya selalu merekapitulasi setiap peristiwa bencana untuk selanjutnya disampaikan kepada gubernur.

Untuk membantu korban bencana Dinsos Jabar telah mengirimkan bantuan ke enam daerah di Jawa Barat yang berstatus tanggap bencana banjir dan longsor. Sekretaris Dinsos Jabar Barnas Adjudin mengatakan pihaknya juga telah mengirimkan relawan untuk mendistribusikan sejumlah logistik ke daerah-daerah yang sulit diakses.

Empat hari setelah musibah kebakaran yang menghanguskan 5 rumah di Jalan Asep Berlian Kelurahan Cicadas Kecamatan Cibeunying Kidul Kota Bandung seluruh kebutuhan logistik yang diperlukan sudah terpenuhi. Wali Kota Bandung Oded M. Danial mengupayakan bantuan yang dibutuhkan oleh masyarakat pasca terdampak kebakaran tersebut.

Musibah kebakaran yang terjadi di kawasan permukiman padat tersebut diduga akibat dari arus pendek listrik. Kabid Kesiapsiagaan Operasi Pemadam dan Penyelamatan Diskar PB Kota Bandung Kurnia Saputra mengatakan hampir 75 persen kejadian kebakaran diduga akibat arus pendek listrik.

Kamar operasi di RSKIA Kota Bandung sudah memenuhi standar nasional berdasarkan peraturan menteri kesehatan. Direktur RSKIA Kota Bandung Taat Tagore mengatakan beberapa persyaratan ruang operasi berstandar nasional tersebut antara lain bahan dan cat dinding kamar operasi yang anti bakteri dan tata udara ruang operasi.

Para pengendara ternyata lebih patuh jika ditegur oleh para petugas perempuan dibanding petugas pria. Kabid Managemen Angkutan dan Tertib Lalu Lintas Dishub Kota Bandung Iya Sunarya mengatakan pihaknya merekrut 60 orang petugas perempuan dari total 200 petugas dengan status pegawai harian lepas PHL untuk mengatur arus lalu lintas supaya lancar.***

Dengarkan Audio Podcastnya di sini.