Kilas Bandung PRSSNI, Selasa (7/1/2020)

KilasBandung – BMKG memprediksi hujan turun dengan intensitas tinggi di Jawa Barat pada pertengahan Januari hingga awal Februari mendatang. Kasi Data dan Informasi BMKG Bandung Yan Firdaus mengatakan tingginya intensitas hujan di wilayah Jawa Barat disebabkan oleh angin muson asia yang memasuki wilayah Indonesia.

Biro Humas dan Keprotokolan Setda Provinsi Jawa Barat mendirikan Media Centre Siaga Bencana untuk menyediakan informasi terkait kondisi daerah terdampak bencana alam. Kabiro Humas dan Keprotokolan Setda Jabar Hermansyah mengatakan keberadaan Media Centre Siaga Bencana juga diharapkan dapat menangkal informasi hoaks terkait bencana alam di Jabar.

Dinkes Jabar menyediakan pelayanan kesehatan 24 jam dan mendirikan pos pelayanan terpadu di beberapa lokasi terdampak banjir di Jawa Barat. Kabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinkes Jabar Juanita PF mengatakan pihaknya juga menyiapkan mobil kesehatan keliling untuk membantu masyarakat yang terkendala akses.

Komisi Informasi Provinsi (KIP) Jabar akan terus mendorong pemahaman masyarakat mengenai hak-hak mereka atas keterbukaan informasi. Ketua KIP Jabar 2019-2023 Ijang Faisal mengatakan pihaknya berupaya meningkatkan pemahaman mengenai keterbukaan informasi melalui sosialisasi dan layanan konsultasi terkait keterbukaan informasi.

Luasan kawasan kumuh di Kota Bandung masih mencapai sekitar 717 hektar yang sebagian besarnya terdapat di kawasan tengah dan barat kota Bandung. Sekretaris DPKP3 Kota Bandung, Agus Hidayat mengatakan wilayah utara dan timur Kota Bandung sudah jarang kawasan kumuh karena sudah banyak perumahan yang memenuhi kriteria kaidah bangunan.

Jumlah penumpang kereta api selama angkutan Natal 2019 dan Tahun Baru 2020 mencapai 5,96 juta orang, naik 4,79 persen dibanding periode yang sama tahun lalu sebanyak 5,69 juta penumpang. Manajer Humas PT KAI Daop 2 Bandung Noxy Citrea mengatakan jumlah penumpang dari Stasiun Bandung selama angkutan natal dan tahun baru mencapai 362 ribu penumpang.***

Dengarkan Audio Podcastnya di sini.