Kilas Bandung PRSSNI, Rabu 11/12/2019

KilasBandung – Berbagai upaya terus dilakukan pemerintah pusat dan daerah untuk mengatasi lahan kritis. Sekretaris Ditjen Pengendalian DAS dan Hutan Lindung Kementerian LH dan Kehutanan Yuliarto Joko Putranto menargetkan 1.000 kebun bibit di seluruh Indonesia, dan sebanyak 40 di antaranya berada di DAS Citarum.

Konferensi ke-10 Global Alliance for Justice Education (GAJE) 2019 yang berlangsung di Bandung dihadiri 350 peserta dari 48 negara dengan tema edukasi hukum untuk kaum marginal. Koordinator Pelaksana Harian Irma Rahmawati mengatakan konferensi tersebut memberikan pendidikan hukum kepada masyarakat yang terpinggirkan dan berhasil menemukan sejumlah metode pengajaran.

Pemkot Bandung mendorong Korpri Kota Bandung membuat lembaga bantuan hukum (LBH). Sekda Kota Bandung Ema Sumarna mengatakan dengan adanya LBH Korpri tidak semata memberikan bantuan hukum tapi juga memberikan pencerahan agar anggota Korpri tidak terjerat oleh masalah hukum.

Masa angkutan natal 2019 dan tahun baru 2020 berbarengan dengan datangnya musim hujan membuat PT KAI mengidentifikasi sejumlah titik-titik rawan. Dirut PT KAI Edi Sukmoro mengatakan terdapat 351 titik rawan di seluruh Jawa dan Sumatera yang perlu mendapatkan perhatian ekstra karena merupakan kawasan rawan bencana alam juga rawan pencurian.

Bawaslu Jabar merekrut sekitar 2 ribu kader pengawasan partisipatif yang dibentuk melalui sekolah kader pengawasan partisipatif selama satu tahun. Ketua Bawaslu Jabar Abdullah Dahlan berharap dengan adanya kader pengawasan partisipatif ke depannya partisipasi masyarakat dapat meningkat dalam membangun pemilu yang jujur dan adil.***

Dengarkan Audio Podcastnya di sini.