Kilas Bandung PRSSNI, Jumat (11/10/2019)

KilasBandung – Gubernur Jabar Ridwan Kamil meminta Pemerintah Pusat memaksimalkan anggarannya untuk menghadirkan transportasi publik massal di daerah metropolitan seperti halnya Kota Bandung. Pemerintah daerah tidak akan sanggup menyediakan transportasi massal, karena anggaran yang dibutuhkan sangat besar.

Pemerintah Kota Bandung pada tahun 2020 mendatang bakal menerapkan kebijakan penggunaan kantong plastik berbayar di seluruh ritel di kota Bandung. Wali Kota Bandung Oded M. Danial berharap adanya Perwal dapat menekan penggunaan kantong plastik di kota Bandung, terlebih Pemkot Bandung menargetkan di tahun 2025 bisa 100 persen bebas kantong plastik.

Kebijakan penerapan kantong plastik berbayar merupakan salah satu cara menekan volume sampah plastik. Kepala DLHK Kota Bandung Kamalia Purbani mengatakan berdasarkan hasil jajak pendapat diperoleh kisaran harga kantong plastik tersebut antara Rp3.000-Rp5.000 per kantong plastik.

Gerakan mapag hujan marathon bebersih sungai harus dilakukan secara berkelanjutan terutama dalam upaya membersihkan sungai. Wali Kota Bandung Oded M. Danial mengatakan setiap gerakan yang melibatkan masyarakat seharusnya memang berkelanjutan dan tidak ada kata berhenti.

Masyarakat Kota Bandung diimbau lebih teliti saat membeli minyak goreng terutama minyak goreng curah yang diragukan keamanan dan kesehatannya. Kabid Distribusi Perdagangan dan Pengembangan e-commerce Disdagin Kota Bandung Meiwan Kartiwa mengatakan di pasaran, sejumlah pedagang sudah tidak lagi menjual minyak goreng curah.***

Dengarkan Audio Podcastnya di sini.