Kilas Bandung, Kamis (21/2/2019)

KilasBandung – Pembangunan Skywalk Cihampelas tahap II hanya digunakan untuk pejalan kaki. Kepala SPU Kota Bandung Arif Prasetya mengatakan belum ada instruksi untuk menampung pedagang kaki lima (PKL) seperti skywalk tahap satu atau dikenal dengan nama Teras Cihampelas.

Wali Kota Bandung Oded M. Danial mengaku kaget saat menerima kabar kepala sekolah SMPN 2 Kota Bandung diperiksa oleh tim Saber Pungli Provinsi Jawa Barat terkait dugaan pungutan liar di sekolah tersebut. Menurutnya, Plt Kadisdik Kota Bandung Hikmat Ginanjar sudah melaporkan persoalan yang sebenarnya dan kini sedang ditangani oleh saber pungli Kota Bandung.

Sejumlah kendala dihadapi oleh petugas Lapas Sukamiskin Bandung dalam menghadapi Pileg dan Pilpres 17 April 2019 mendatang. Salah satu kendalanya adalah berubahnya jumlah pemilih karena keluar masuknya warga binaan dan tidak lengkapnya dokumen kependudukan narapidana sehingga menyulitkan pendataan.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Bandung mengakui permasalahan di lapas dan rutan paling banyak adalah kelengkapan identitas. Untuk itu Ketua KPU Kota Bandung Suharti mendesak Kementrian Hukum dan HAM Republik Indonesia tidak melakukan mutasi narapidana.

Dari sembilan poin RPJMD Kota Bandung 2018-2023, ada satu yang dihapus yaitu terkait modal sosial. Wali Kota Bandung Oded M. Danial mengatakan penghapusan poin tersebut karena dinilai hanya melengkapi kedelapan poin lainnya.

Limbah domestik masih menjadi sebagai sumber polutan paling dominan yang mencemari sungai Citarum yaitu mencapai 70 persen. Limbah tersebut merupakan limbah yang berasal dari kegiatan rumah tangga sehari-hari, meliputi limbah cair seperti air sisa cucian hingga kotoran manusia, dan limbah padat seperti bungkus makanan hingga perabotan bekas.***

Dengarkan Audio Podcastnya di sini.