Kesbangpol Nilai Pilkada Jabar Kondusif

Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol) Provinsi Jawa Barat, Ruddy Gandakusumah.

Bandung – Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol) Provinsi Jawa Barat, memastikan proses pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak 2018 di 27 kota dan kabupaten termasuk pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur berjaan lancar dan kondusif.

Kepala Bakesbangpol Provinsi Jawa Barat, Ruddy Gandakusumah mengatakan, selain berjalan lancar dan kondusif, angka partisipasi masyarakat dalam pelaksanaan Pilkada di Jabar cukup tinggi melebihi angka 70 persen.

“Saya mengapresiasi kinerja seluruh unsur terkait dari mulai pihak penyelenggara dan keamanan, laporan dari jajaran Kesbangpol. Allhamdulillah di 27 kota dan kabupaten, situasi keamanan kamtibmas bagus dan tidak ada riak-riak berarti,” katanya.

Menurut Ruddy, meski dalam Pilkada kemarin ada sedikit masalah, namun tidak terlalu mengkhawatirkan dan kondisi itu akan menjadi bahan evaluasi seluruh jajaran pihaknya.

“Secara keseluruhan seperti 5 atau 10 tahun lalu Jawa Barat selalu kondusif dan suksesnya gelaran pilkada serentak 2018 kematin merupakan target Bakesbangpol,” ucap Ruddy kepada wartawan di kantor Kesbangpol Jabar, Senin (2/7/2018).

Ruddy menyatakan, Kesbangpol Jabar sengaja menggelar Road Show bertajuk Harmoni Pesta Demokrasi Jabar Memilih Jabar Kondusif Tahun 2018 bekerjasama dengan Komisi Pemilihan Umum dan Bawaslu Jawa Barat dan dilaksanakan di empat wilayah Badan Koordinasi Pemerintahan dan Pembangunan (BKPP), yaitu di Kabupaten Karawang, Kabupaten Cianjur, Kabupaten Bandung dan Kabupaten Indramayu.

“Tujuan roadshow ini, bagaimana seluruh elemen masyarakat ikut berpartisipasi mensukseskan gelaran Pilkada Serentak tahun 2018. Sehingga target 70 persen partisipasi pemilih bisa tercapai dan Alhamdulillah tercapai bahkan lebih,” tuturnya.***

Suparno Hadisaputro/ LPS PRSSNI Bandung