Iriawan Lepas Tim Pemeriksa Hewan Kurban Jabar

Penjabat Gubernur Jawa Barat M Iriawan melepas Tim Pemeriksa Kesehatan Hewan Kurban, di Gedung Negara Pakuan, Bandung, Selasa (14/8/2018). (Foto: Antaranews Jabar)

Bandung – Penjabat Gubernur Jawa Barat, M Iriawan melepas sekitar 200 orang petugas tim pemeriksa kesehatan hewan kurban tingkat Provinsi Jawa Barat di Gedung Negara Pakuan Bandung, Selasa (14/8/2018). Tim tersebut akan bekerja untuk memastikan kesehatan dan kelaikan hewan kurban saat Hari Raya Idul Adha 1439 H/2018.

“Pelepasan tim pemeriksa kesehatan hewan kurban ini bertujuan untuk melayani masyarakat Jawa Barat dalam menerima hewan kurban yang sehat dan laik saat disembelih saat Idul Adha nantinya,” kata Iriawan di Gedung Negara Pakuan Bandung, Selasa (14/8/2018).

Iriawan menuturkan tim pemeriksa kesehatan hewan kurban tingkat Provinsi Jawa Barat ini terdiri dari berbagai profesi, baik dokter hewan, mahasiswa dari Fakultas Kedokteran Hewan Unpad dan IPB hingga petugas dari kantor wilayah kementerian agama di Jawa Barat.

“Setiap item itu berbeda-beda, jadi kita harus mengetahui betul hewan itu sehat atau tidak, terjangkit penyakit atau tidak. Itu tentunya di kabupaten/kota juga demikian sehingga nanti hewan kurban yang diterima masyarakat itu betul-betul bermanfaat sesuai dengan pengunanaanya,” kata Iriawan seperti dilansir dari Antaranews Jabar.

Iriawan juga berpesan kepada tim pemeriksa kesehatan hewan kurban tingkat Provinsi Jawa Barat pada 2018 agar menunaikan tugas dan kewajibannya dengan sebaik-baiknya.

“Barometernya adalah pada 2017 tidak ada masalah, artinya tidak ada permasalahan kesehatan hewan kurban yang mencuat. Berarti benar mereka (tim pemeriksa kesehatan hewan) bekerja dengan maksimal,” katanya.

Nantinya setiap hewan kurban yang sudah diperiksa oleh tim kesehatan hewan kurban Jawa Barat dikalungi kalung sehat hewan kurban.

“Sejauh ini tim terus melakukan pemeriksaan-pemeriksaan terhadap hewan kurban. Jadi mereka semua sudah bergerak,” ujar Iriawan.***