Helikopter Bom Air BNPB Padamkan Kebakaran Lahan di Kawah Putih

KILASBANDUNGNEWS.COM – Helikopter Bom Air milik Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) melakukan pendinginan kebakaran hutan di kawasan Kawah Putih, Rancabali, Kabupaten Bandung, Jawa Barat.

Pantauan detikcom, Kamis (10/10/2019), helikopter BNPB tiba Pukul 09.00 WIB. Sebelum ke Kawah Putih helikopter itu membawa air di Kawasan Situ Patengang.

Pendinginan kebakaran ini dilakukan di empat titik yang berada di Kawasan Sunan Ibu, Sunan Rama, Puncak Kawah Saat dan Cipanganten.

“Untuk titik koordinat sesuai dengan ploating, ada empat, pertama di Sunan Ibu, Sunan Rama, Kawah Saat dan Cipanganten,” Kapolsek Ciwidey AKP Ivan Taufiq di Kawah Putih.

Agar pemadaman berlangsung lancar pihak kepolisian melakukan penyekatan di area yang ada di sekitar lokasi kebakaran hutan.

Menurutnya Helikopter Bom Air ini memiliki kapasitas maksimal 4.000 liter air. Helikopter itu nantinya beberapa kali menurunkan air ke titik-titik api sampai api benar-benar padam.

“Untuk para Petugas Satgas Karhutla ini semua tidak berada di titik lokasi. Namun hanya penyekatan-penyekatan saja mengantisipasi masyarakat maupun relawan-relawan lain naik ke titik asap maupun api di atas,” tuturnya.

Ivan berharap dengan adanya bantuan Water Bombing ini Karhutla yang terjadi di Kabupaten Bandung benar-benar dapat terselesaikan. “Mudah-mudahan benar-benar padam,” ujarnya.

Setelah melakukan pengeboman air, Water Booming ini rencananya akan bergeser ke titik Karhutla di Petak 31A Puncak Mega Malabar.***