Gubernur Inspektur Upacara Peringatan HUT Ke- 75 RI Tingkat Jawa Barat

KILASBANDUNGNEWS.COM – Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia yang biasa digelar di Lapangan Gasibu dengan jumlah peserta dari berbagaI elemen cukup banyak, Peringatan HUT Ke-75 Kemerdekaan RI Tingkat Jawa Barat berlangsung sederhana di halaman depan Gedung Sate, Senin (17/8/2020).

Upacara hanya dihadiri oleh Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Barat, Sekretaris Daerah Jawa Barat,  Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkominda) Jawa Barat dengan 25 orang peserta upacara dari TNI/ Polri, Satpol PP Jawa Barat serta dari Dinas Perhubungan. Pelaksanan upacara digelar dalam situasi pandemi Covid-19 sehingga protokol kesehatan seperti jaga jarak dan pakai masker, diterapkan dengan ketat.

Selain itu, petugas pengibar bendera merah putih hanya dilakukan oleh tiga orang petugas Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) Povinsi Jawa  Barat.

Bertindak sebagai inspektur upacara Gubernur Jawa Barat, Mochamad Ridwan Kamil, Pembacaan Teks Pancasila oleh Panglima Kodam III/ Siliwangi, Pembacaan Teks Pembukaan Undang-Undang Dasar Negara Republik Tahun 1945 oleh Kepala Kejaksaan Tinggi Jawa Barat, Pembacaan Teks Proklamasi oleh Ketua DPRD Jawa Barat dan pembacaan do’a oleh Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Jawa Barat.

Usai upacara PeringatanHUT Ke-75 RI Tingkat Jawa Barat, Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Barat beserta Forkominda mengikuti Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi  HUT Ke-75 Kemerdekaan RI bersama Presiden RI secara virtual di Lobby Lokantara Gedung Sate. (Parno)