Ema Berharap Angka Partisipasi pada Pemilu 2024 Semakin Tinggi

KILASBANDUNGNEWS.COM – Sekretaris Daerah Kota Bandung, Ema Sumarna berharap angka partisipasi pada Pemilu 2024 di Kota Bandung semakin tinggi. Untuk mencapainya, perlu dukungan dari berbagai pihak.

“Kita akan terus bersinergi bersama stakeholder untuk memberikan edukasi kepada masyarakat. Kita mendapatkan fakta bagus bahwa pemilu di Kota Bandung itu (partisipasi) sudah lebih dari 87 Persen,” katanya.

“Mudah-mudahan dengan edukasi yang lebih baik dan semua bisa bekerja sama baik dan masif, kita mendapatkan hasil yang lebih baik ke depannya,” imbuh Ema saat peluncuran tahapan Pemilu 2024 yang dilakukan di Kantor KPU Kota Bandung, Selasa (14/6/2022).

Ema memastikan, Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung akan mendukung penuh Pelaksanaan Pemilu.

“Tak hanya itu, pelaksanaan pemilu perlu daya dukung anggaran melalui proses banggar bersama dewan,” ujarnya.

Pada acara tersebut Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Bandung menggelar deklarasi siap sukseskan pemilu 2024 Kota Bandung tanpa Ekses.

Kegiatan berupa deklarasi calon peserta pemilu dan nonton bareng kegiatan peluncuran tahapan Pemilu 2024 yang dilakukan di Kantor KPU RI melalui Zoom Meeting.

Ketua KPU Kota Bandung Suharti mengatakan, KPU Pusat telah resmi mengumumkan Pemilu 2024 dimulai pada 14 Juni 2022.

“Ada 4 Agenda Besar yang akan dilakukan di tahun 2022 ini. Pertama pendaftaran partai politik pada 29 Juli 2022 dan penenatapnnya di Desember 2022, pemutakhiran data Pemilih dan proses penataan daerah Pemilihan di tahun ini,” Kata Suharti.

Ia menambahkan, sesuai amanat pasal 167 angka (6) UU Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilu, disebutkan tahapan penyelenggaraan Pemilu dimulai paling lambat 20 bulan sebelum hari pemungutan suara.(rls)