Eceng Gondok Tutupi Aliran Sungai Cinambo, Masyarakat Khawatir Banjir

KILASBANDUNGNEWS.COM – Sudah dua hari aliran sungai Cinambo di Kec. Gedebage Kota Bandung hingga Kec. Bojongsoang Kab. Bandung tertutup tanaman eceng gondok (Eichhornia crassipes). Warga sekitar aliran sungai Cinambo khawatir keberadaan tanaman air tersebut dapat menyumbat aliran air dan mengakibatkan banjir.

Keberadaan tanaman air eceng gondok dibetulan RW 04 Kamp. Rancabiuk Kel. Rancabolang dan RW 01 Cimincrang Kel. Rancanumpang Kec. Gedebage hingga belakang Rest Area 149  Tol Purbaleunyi, Kamp. Sapan. Ds. Tegal Luar, Kec. Bojongsoang Kab. Bandung, mulai terjadi dalam dua hari ini.

“Semula tidak rapat seperti hari ini, tapi setelah hujan deras disertai angin kencang pada Minggu dan Senin kemarin, eceng gondok semakin banyak dan menutupi sungai,” terang Samsudin salah seorang warga Gang Haji Sugih RW 01 Kel. Rancanumpang Kec. Gedebage Kota Bandung, Rabu, 30 oktober 2019.

Mengenai asal muasal keberadaan eceng gondok tersebut menurut Samsudin dan warga lainnya tidak mengetahui secara pasti. Namun keberadaan eceng gondok di Cinambo sejak ada proyek perumahan Summarecon dan Masjid Al Jabar.

Sejumlah warga Kamp. Rancabiuk Kel. Rancabolang  maupun Cimincrang Kel. Rancanumpang Kec. Gedebage di aliran sungai Cinambo mengaku merasa sudah terbiasa dengan tertutupnya aliran sungai dengan eceng gondok. Namun warga perumahan Bumi Adipura merasa was-was dengan keberadaan tanaman eceng gondok yang menutupi aliran sungai Cinambo.

“Karena tanaman tersebut dikhawatirkan akan menyumbat aliran sungai di betulan lintasan jalan tol (Purbaleunyi). Selain itu juga akan menyumbat saluran pompa air pembuangan dari perumahan (Bumi Adipura) bila terjadi genangan di dalam perumahan,” ujar Tedi, salah seorang warga Perum Bumi Adipura.

Karenanya Tedi berharap dinas atau instansi terkait segera melakukan penanganan sebelum tanaman eceng gondok mengering dan mengendap di aliran sungai.

Saat musim penghujan tiba tanaman yang sudah mengering akan menyumbat aliran air dan air berbelok masuk ke perumahan sebagaimana yang sering terjadi selama ini.

Hal senada juga diungkapkan warga di Kamp. Sapan Ds. Tegalluar Kec. Bojongsoang Kab. Bandung yang berlokasi di belakang Rest Area 149 Tol Purbaleunyi.

Keberadaan tanaman eceng gondok yang menutupi aliran sungai Cinambo sebelum bermuara di sungai Cikeruh Tegal Sumedang Kec. Rancaekek, dikhawatirkan akan menyumbat aliran sungai bila musim penghujan tiba.***