Dukungan Wagub Uu dan Iwan Bule pada Ridwan Kamil Dinilai Tak Etis

KILASBANDUNGNEWS.COM – Wakil Gubernur Jabar Uu Ruzhanul Ulum menyatakan dukungannya kepada Gubernur JJabar Ridwan Kamil maju di Pilpres 2024. Di saat bersamaan, Uu menyatakan siap mencalonkan diri sebagai Gubernur Jabar pada Pilgub 2024.

Tak hanya Uu, dukungan serupa juga dilontarkan Ketum PSSI Mochamad Iriawan alias Iwan Bule. Ia mendukung Ridwan Kamil maju di Pilpres 2024. Selain itu, Iwan Bule mengisyaratkan bakal meramaikan Pilgub Jabar 2024.

Pengamat politik UPI Prof Karim Suryadi menilai sikap Uu yang mendorong Ridwan Kamil maju sebagai capres tidak etis. Sebab, saat ini Uu masih menjabat sebagai Wakil Gubernur Jabar. Terlebih lagi, dorongan yang diungkapkan Uu itu dilatarbelakangi keinginannya menggantikan posisi Ridwan Kamil yang saat ini menjabat sebagai Gubernur Jabar.

“Sebab, dengan atau tanpa didorong-dorong oleh Uu dan Iwan Bule. Popularitas dan elektabilitas Ridwan Kamil sudah masuk tiga besar (nasional). Jadi, artinya itu kurang etis,” kata Karim Suryadi kepada detikJabar, Rabu (22/6/2022).

Karim menjelaskan alasannya menyebutkan dukungan dari Uu untuk Ridwan Kamil tak etis. “Tidak bagus. Mendorong orang hanya karena mencari kedudukan yang sedang ditempati. Kemudian apalagi dukungan yang diberikan Ridwan Kamil, dari keduanya saat sekarang belum bisa dilakukan,” ucap Guru Besar Ilmu Komunikasi Politik UPI itu.

Karim melanjutkan analisanya tentang potensi kekuatan Uu dan Iwan Bule yang mengisyaratkan maju di Pilgub Jabar 2024. Uu menurutnya merupakan salah satu tokoh yang dikenal, karena sebagai petahana. Namun, peluang kemenangan Uu dan Iwan Bule tergantung siapa yang menjadi kompetitor.

“Sampai saat ini nama-nama belum muncul. Baru mereka yang memunculkan diri,” ujarnya.

Karim sendiri mengaku belum bisa mengalkulasikan peluang Uu dan Iwan Bule lebih detail. Sebab, selain harus melihat siapa kompetitor, faktor lainnya yaitu peta dukungan dan pembelahan sosial belum muncul.

“Misalnya kelompok mana, melawan kelompok mana, wilayah mana berhadapan dengan wilayah mana. Jadi peta demografis, geografis, sosiologis belum kita lakukan. Karena namanya belum muncul,” ucap Karim Suryadi.

Sebelumnya, sejumlah tokoh masyarakat Sunda terang-terangan siap mendukung Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil untuk maju menjadi calon presiden pada Pemilu 2024. Salah satunya Wakil Gubernur Jawa Barat Uu Ruzhanul Ulum.

“Nah, orang Sunda yang sekarang berani mencalonkan diri, bahkan kemarin sempat deklarasi siap jadi capres hanya Kang Emil (Ridwan Kamil),” ujar Uu kepada detikJabar di Kabupaten Bandung Barat, Minggu (19/6/2022).

Untuk itu, Uu meminta masyarakat Jawa Barat mendukung dan mendoakan kepada Ridwan Kamil agar benar-benar siap maju menjadi capres mulai dari sekarang.

“Kalau saya tidak berniat mencalonkan jadi presiden, meskipun saya orang Sunda. Paling juga saya maju menjadi gubernur setelah Pak Ridwan Kamil maju menjadi calon presiden,” kata Uu. (Sumber : Detik.com)