Dody: Perlu Sinergitas Data Statistik

Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Jabar Dody Herlando.

Bandung – Puluhan peserta dari berbagai instansi di Jawa Barat mengikuti Seminar Sosialisasi Indikator Statistik dan Kegiatan SP 2020, yang diadakan Badan Pusat Statistik (BPS) Jawa Barat, dengan tema “Dengan Data Tingkatkan Prestasi Bangsa” di Hotel Holiday Inn, Selasa (25/9/2018).

Kepala BPS Jabar Dody Herlando mengharapkan, kegiatan dalam rangka memperingati Hari Statistik Nasional pada 26 September tahun 2018, para peserta khususnya para humas agar terbangun sinergitas pembangunan dalam pengolahan data sehingga tidak ada saling klaim sebagai pemilik data.

“Kedepannya tidak ada saling mengakui bahwa ini punya BPS ini bukan punya BPS, tidak seperti itu tapi harus sinergitas saling melengkapi,” kata Dody, saat membuka Seminar Sosialisasi Indikator Statistik dan Kegiatan SP 2020, di Hotel Holiday Inn, Selasa (25/9/2018).

Menurut Dody, ada tiga misi yang diangkat dalam Hari Statistik kali ini, diantaranya pembangunan yang dilakukan diharapkan memiliki informasi dan data yang digunakan harus berbasis data statistik resmi.

“Bagi penyedia statistik diharapkan menerapkan kaidah statistik karena statistik dimanfaatkan antar negara, tuntutan data statistik sangat dibutuhkan untuk pembangunan, sehingga statistik harus standar internasional,” ucapnya.

Dody menambahkan, bahwa dengan adanya perkembangan dan dinamika statistik serta adanya tantangan reformasi, ilmu dan teknologi sehingga peserta bisa mengetahui informasi teraebut bersifat opini, hoax ataupun informasi yang benar-benar adanya.

“Kita harapkan peserta lebih mengenang produk statistik yang dikeluarkan BPS dan perlu mengetahui seperangkat macam data yang tentunya harus hati-hati dalam menggunakannya,” ucapnya.***

Suparno Hadisaputro/ LPS PRSSNI Bandung