Disnaker Job Fair Sediakan 4.000 Lowongan Kerja

Kepala Dinas Tenaga Kerja Kota Bandung Asep C. Cahyadi dan Asisten Pemerintahan dan Kesra Kota Bandung, Kamalia Purbani membuka Job Fair Dinas Tenaga Kerja Kota Bandung di Gedung Serbaguna RHB Taman Wisata Rukun Kopi Jalan Sulaksana Kecamatan Antapani, Bandung, Selasa (8/5/2018).

Bandung – Sebanyak 4.000 lowongan kerja di 41 perusahaan tersedia dalam Job Fair Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kota Bandung yang berlangsung di Gedung Serbaguna RHB Taman Wisata Rukun Kopi Jalan Sulaksana Kecamatan Antapani Kota Bandung, 8-9 Mei.

Lowongan kerja tersebut memberikan kesempatan untuk lulusan SMA sederajat, S1, S2, serta penyandang disabilitas.

Kepala Disnaker Kota Bandung, Asep C. Cahyadi berharap, kegiatan ini dapat mengurangi angka pengangguran di Kota Bandung. Berdasarkan data Disnaker, pada tahun 2015 angkatan kerja berjumlah 1,192 juta jiwa. Sedangkan di 2017 lalu, angka angkatan kerja naik menjadi 1,2 juta jiwa.

“Tetapi dua tahun itu, pengangguran turun dari 107 ribu jadi 102 ribu. Mudah-mudahan dengan program bursa kerja ini dapat mengurangi jumlah pengangguran di Kota Bandung,” tutur Asep di sela-sela acara, Selasa (8/5/2018).

Sementara itu, Asisten Pemerintahan dan Kesra Kota Bandung, Kamalia Purbani menjelaskan, bursa kerja ini bagian dari tugas pemerintahan memfasilitasi seluruh masyarakat untuk mencari mata pencaharian. Namun pemerintah tidak dapat melaksanakan kewajiban ini sendiri sehingga Disnaker bekerja sama dengan berbagai perusahaan di Indonesia.

“Fungsi pemerintah salah satunya adalah memberikan pelayanan masyarakat. Job fair ini merupakan salah satu bentuk pelayanan untuk memfasilitasi siapapun yang membutuhkan pekerjaan,” jelas Kamalia saat membuka acara.

Untuk mempermudah proses penyaluran tenaga kerja, Disnaker juga memiliki aplikasi Bandung Integrated Manpower Management Application (BIMMA).

Kamalia berharap, para pencari kerja yang hadir di pameran bursa kerja juga dapat menggunakan aplikasi tersebut untuk mencari pekerjaan.

“BIMMA tinggal dioptimalkan. Mungkin bisa dilakukan simulasi penggunaan aplikasi BIMMA juga di sini,” pinta Kamalia melalui rilis Pemerintah Kota Bandung yang diterima prssnibandung.com.

Salah satu pelamar kerja, Eva Nur Fauziah (24) berterima kasih dengan digelarnya job fair ini. Eva yang juga difabel merasa terbantu untuk mencari lowongan pekerjaan  yang sesuai dengan kemampuannya.

“Tadi sudah melamar di PD BPR Kota Bandung. Alhamdulillah ada lowongan. Semoga diterima,” kata Eva yang juga sarjana Psikoterapi UIN Sunan Gunung Djati Bandung.***