Dinas ESDM: Ada 600 Tambang Ilegal di Jabar

KILASBANDUNGNEWS.COM – Dari catatan pihak Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Jawa Barat, setidaknya ada sekitar 600 aktivitas penambangan ilegal yang tersebar di wilayah Jawa Barat.

Oleh karena itu, Dinas ESDM Jabar berkomitmen akan menindak tegas para pelaku penambangan ilegal yang ada di wilayahnya.

“Catatan kita di tahun 2018 tidak kurang ada 600 galian ilegal di Jawa Barat,” kata Kepala Dinas ESDM Jawa Barat, Bambang Tirtoyuliono seperti dilansir Jabarnews, Selasa (10/12/2019).

Bambang menyebutkan, pihaknya terus berusaha untuk mengurangi aktivitas penambangan ilegal dengan melakukan konsolidasi kepada para pihak terkait termasuk pemerintah kabupaten/kota di Jawa Barat.

Selain itu, Dinas ESDM Jabar juga akan memberikan sosialisasi dan edukasi kepada para pihak yang masih melakukan aktivitas penambangan ilegal.

“Ini salah satu cara yang dilakukan, kita berikan sosialisasi dan edukasi tentang bagaimana melakukan penambangan yang berizin,” jelasnya.

Akan tetapi, lanjutnya, jika tidak bisa diberikan sosialisasi dan edukasi, Dinas ESDM akan mendorong aktivitas penambangan agar diberhentikan.

Bambang menegaskan, pihaknya akan memberikan teguran secara tertulis dan berkoordinasi dengan pemerintah kabupaten/kota serta pihak terkait.

Jika tidak berhenti melakukan aktivitas penambangan, ESDM akan melayangkan surat ke Satpol PP dan ke aparat penegak hukum terkait.

“Jadi sudah masuk ke wilayah pidana gitu. Jadi selagi kita masih bisa bina, beritahu, ya kita coba untuk kelola itu dengan baik sesuai dengan peraturan perundangan. Tetapi, kalau tidak bisa, ya kita serahkan ke aparat penegak hukum,” pungkasnya.***