Chika Jessica Jadi Duta GEMMA

Artis Chika Jessica dinobatkan sebagai duta Gerakan Minggu Membaca (GEMMA) Kelurahan Sukamulya Kecamatan Cinambo Kota Bandung di Kantor Kelurahan Sukamulya, Jalan Sandang, Minggu (6/5/2018).

Bandung – Kelurahan Sukamulya Kecamatan Cinambo Kota Bandung menobatkan artis Chika Jessica sebagai duta Gerakan Minggu Membaca (GEMMA). Penobatan Chica yang juga merupakan warga Sukamulya dilakukan secara simbolis oleh Asisten Pemerintahan dan Kesra Pemerintahan Kota Bandung, Kamalia Purbani saat acara Gebyar Gerakan Minggu Membaca di Kantor Kelurahan Sukamulya, Jalan Sandang, Minggu (6/5/2018).

Selain penobatan Duta Baca, Kamalia juga menobatkan para ketua TP PKK Kecamatan dan Kelurahan di lingkungan Kecamatan Cinambo sebagai Duta Literasi.

Menurut Kamalia, para ketua TP PKK Kecamatan Kelurahan kini memiliki tanggung jawab tambahan sebagai duta literasi di tingkat kewilayahan.

“Duta literasi ini diserahkan kepada istri-istri lurah atau Ketua TP PKK tiap Kelurahan, jadi dia memiliki tugas tambahan untuk menularkan budaya baca,” kata Kamalia.

Pada acara tersebut juga digelar kegiatan Donasi Buku “One Family One Book”, Reading on the Street, pencanangan 1 RW 1 Taman Bacaan Masyarakat. Selain itu juga dilaksanakan Komitmen Gerakan Matikan Televisi dan Gadget jam 18.30, dan Penghargaan Bunda Literasi Kelurahan.

Atas kegiatan tersebut, Kamalia mengapresiasi Kelurahan Sukamulya yang telah menjalankan amanah Wali Kota Bandung.

“Alhamdulillah sudah sejalan dengan kewenangan yang diserahkan dari Wali Kota kepada pejabat kewilayahan, salah satunya adalah peningkatan budaya baca,” ungkap Kamalia.

Selain itu, Kamalia juga mendukung berdirinya Taman Bacaan Masyarakat dengan buku yang berasal dari donasi warga.

“Ini bukan merupakan gerakan yang top-down, tapi dari masyarakat sendiri,” ucap Kamalia.

Kamalia meminta, masyarakat terus melanjutkan kegiatan seperti ini di tingkat kewilayahan, tanpa harus bergantung kepada kecamatan.

“Saya berharapnya program seperti ini dapat terus dlanjutkan masyarakat, siapapun camatnya,” pinta Kamalia melalui rilis Pemerintah Kota Bandung yang diterima prssnibandung.com.

Sementara itu, Camat Cinambo, Dadang Iradi mengaku sangat gembira. Pihaknya telah menerima donasi sebanyak 1.000 eksempelar buku. Padahal pengumpulannya hanya beberapa jam saja.

“Nanti akan kita sebarkan ke 24 RW lainnya. Jangan khawatir kalau ada RW yang mau membangun Taman Bacaan Masyarakat,” tutur Dadang.***