BI Jabar Gelar KKJ 2021

KILASBANDUNGNEWS.COM – Dalam upaya melanjutkan pemulihan ekonomi daerah, Bank Indonesia Jawa Barat secara konsisten mengimplementasikan 5 (lima) kunci pemulihan ekonomi,.salah satunya memperkuat sisi supply dengan mendorong dan membuka kinerja berbagai sektor ekonomi, khususnya sektor ekonomi utama Jawa Barat, menghidupkan pariwisata secara terukur, menjaga kelancaran investasi dan membangkitkan UMKM.

Sejalan dengan rekomendasi ketiga, Bank Indonesia Jawa Barat bekerja sama dengan Pemprov Jawa Barat, OJK Kantor Regional Jawa Barat, Dekranasda Jawa Barat dan Perbankan menyelenggarakan event Karya Kreatif Indonesia (KKI) 2021 – Seri 1 yang dalam kesempatan ini dirangkaikan dengan road to Karya Kreatif Jawa Barat (KKJ) 2021.

Penyelenggaraan kegiatan ini juga merupakan bentuk dukungan Bank Indonesia Jawa Barat dalam rangka menyukseskan Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (Gernas BBI) dan Bangga Berwisata #Di Indonesia Aja (BWI) yang akan dilaksanakan setiap bulan sepanjang tahun 2021.

Opening ceremony KKI 2021 – Seri 1 mengusung tema “Eksotisme Lombok” dan diselenggarakan secara hybrid yaitu secara online melalui platform KKI, streaming youtube dan zoom, serta secara offline yang terpusat dari Pantai Kuta Mandalika, Nusa Tenggara Barat.

Secara nasional, KKI 2021 – Seri 1 dihadiri oleh Gubernur Bank Indonesia, Perry Warjiyo; Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut B. Pandjaitan, dan Gubernur Provinsi Nusa Tenggara Barat, Zulkieflimansyah.

Pelaksaaan opening ceremony secara hybrid  juga dilaksanakan secara serentak di 46 wilayah kantor Bank Indonesia di daerah bersama Pemda setempat. Kegiatan opening ceremony KKI 2021 – Seri 1 di Jawa Barat yang dirangkai dengan road to KKJ 2021 dilaksanakan di Hotel Savoy Homan, Rabu (3/3/2021).

KKI 2021 – Seri 1 yang menjadi rangkaian kegiatan GBBI dan BWI akan dimeriahkan dengan rangkaian showcase produk fashion, kriya, makanan, dan kopi dari 379 UMKM terpilih mitra 46 Kantor Perwakilan Bank Indonesia di nusantara serta UMKM mitra Pemerintah Daerah; talkshow Desa Wisata; podcast wisata virtual; edukasi onboarding dan bisnis matching.

Rangkaian acara akan berlangsung mulai tanggal 3 s.d 31 Maret 2021 dan khusus di wilayah Jawa Barat, digelar di 3 tempat, yaitu Hotel Savoy Homann, Bandung; Gallery UMKM Kantor Bank Indonesia Cirebon, dan Kantor Bank Indonesia Tasikmalaya.

Penyelenggaraan showchasing produk UMKM unggulan Jawa Barat ini sekaligus sebagai ajang kurasi produk UMKM Jawa Barat yang akan mengikuti event Gernas BBI dan BWI edisi Jawa Barat yang akan dirangkai dengan KKJ 2021 sebagai event milik bersama Pemprov Jawa Barat, Bank Indonesia Jawa Barat dan instansi terkait yang akan dilaksanakan pada 4 April 2021 dengan tema “The Enchanting of West Java”.

Menurut Kepala Perwakilan BI Jawa Barat, Herawanto, dengan program pengembangan UMKM secara end to end, rangkaian opening ceremony KKI 2021 – Seri 1 di wilayah Jawa Barat juga diisi dengan penandatanganan akad kredit perbankan yang disalurkan bank bjb kepada UMKM mitra Bank Indonesia Jawa Barat Lembang Agri dan MOU kemitraan antara bank bjb dan UMKM mitra Bank Indonesia Jawa Barat.

“Kita juga memberikan penghargaan kepada Wirausaha Unggulan Bank Indonesia (WUBI) dan penyerahan secara simbolis Sertifikat ASEAN Coffee Federation (ACF) Barista Certification Batch 1,” ucapnya.

Herawanto menambahkan, dalam kegiatan KKI 2021 – Seri 1 yang merupakan bagian kegiatan GBBI dan BWI juga dilaksanakan launching Calendar of Event 2021 yang diinisaisi oleh Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi Jawa Barat.

“Kami mengajak masyarakat turut meramaikan dan menyukseskan event KKI 2021, Gernas BBI, BWI dan KKJ 2021 dengan mengikuti berbagai acara yang diselenggarakan dan mendorong untuk membeli produk UMKM serta berwisata di Indonesia aja,” katanya. (Parno)