Atlet Indonesia Tersukses di Olimpiade

KILASBANDUNGNEWS.COM – Dari 16 edisi Olimpiade yang pernah diikuti Indonesia dan 32 medali yang berhasil disabet para atlet, satu nama tercatat sebagai yang paling sukses, yakni Liliyana Natsir.
Pebulutangkis putri yang telah gantung raket ini tercatat sebagai yang tersukses dengan torehan satu medali emas dan satu medali perak. Kedua medali Olimpiade ini diraih Liliyana lewat nomor ganda campuran.

Butet, sapaan akrab Liliyana, meraih medali perak saat debut di Olimpiade Beijing 2008. Saat itu Liliyana berpasangan dengan Nova Widianto. Pada laga final menghadapi Lee Yong Dae/Lee Hyo Jung, Liliyana/Nova takluk dua gim langsung.
Ini kekalahan yang cukup mengejutkan, sebab Liliyana/Nova merupakan penghuni peringkat satu dunia dan unggulan pertama, sedangkan Yong Dae/Hyo Jung justru berstatus non unggulan.

Pada Olimpiade 2008 Liliyana juga tampil di nomor ganda putri bersama Vita Marissa. Sayang, Liliyana/Vita menyerah sejak ronde pertama dari pasangan tuan rumah, Yang Wei/Zhang Jiewen dua gim langsung, 19-21 dan 15-21.

Pada Olimpiade London 2012, Liliyana bertekad memperbaiki prestasi dengan meraih emas. Kali ini ia berpasangan dengan Tontowi Ahmad. Sayang, mereka gagal ke babak final dan takluk pula dalam perebutan medali perunggu.

Empat tahun berselang, di Olimpiade Rio 2016, Liliyana/Tontowi datang dengan gairah tinggi. Walau jadi unggulan ketiga, di bawah Zhang Nan/Zhao Yunlei (China) dan Ko Sung Hyun/Kim (Korea), Liliyana/Nova percaya diri.

Benar saja, semua lawan dari babak grup hingga final dilibas lewat dua gim langsung. Pada partai final menghadapi pasangan Malaysia Chan Peng Soon/Goh Liu Ying, Liliyana/Nova unggul dengan skor 21-14 dan 21-12.

Atlet kedua Indonesia tersukses di Olimpiade adalah Susi Susanti. Sama dengan Liliyana, Susi juga mengoleksi dua medali, yakni satu emas dan satu perunggu.
Sementara itu atlet dari seluruh penjuru dunia tersukses di Olimpiade adalah perenang asal Amerika, Michael Phelps. Dari empat kali tampil di Olimpiade, Phelps mengoleksi 23 medali emas, 3 perak, dan 2 perunggu.

Di bawah Phelps ada atlet senam putri Uni Soviet Larisa Latynina dengan koleksi 9 emas, 5 perak, dan 4 perunggu. (Sumber : cnnindonesia.com)