ASN Kota Bandung Diperintahkan Mudik dan Silaturahmi Orang Tua

Bandung – Mudik dan berkumpul dengan keluarga di kampung halaman telah menjadi tradisi Idulfitri. Untuk itu juga, Wali Kota Bandung, Oded M. Danial pun menganjurkan Aparatur Sipil Negara (ASN) Kota Bandung untuk pulang ke kampung halaman, apalagi jika masih memiliki orang tua.

“Saya menerapkan kebijakan untuk para pejabat di Kota Bandung, walaupun Mang Oded pasti mengadakan acara open house, tapi saya memberikan kebijakan kepada para pejabat di Kota Bandung apabila masih memiliki orang tua di kampung saya prioritaskan mereka mudik, silakan,” ujarnya di Balai Kota Bandung, Senin (27/5/2019).

Oded menegaskan hal itu karena khawatir ASN Kota Bandung lebih mengutamakan bersilaturahmi dengan wali kota ketimbang dengan orang tua. Seolah menjadi preseden kurang baik jika pada hari raya tidak berkunjung ke Pendopo.

“Sesungguhnya berbakti kepada orang tua jauh lebih utama dibandingkan hormat kepada wali kota,” imbuhnya.

Hal senada juga diungkapkan Wakil Wali Kota Bandung, Yana Mulyana. Ia bahkan menyampaikan secara langsung imbauan tersebut saat upacara Hari Lahir Pancasila di Balai Kota Bandung (1/6/2019).

“Saya sampaikan amanat dari Pak Wali Kota, bagi seluruh ASN yang masih memiliki orang tua, diimbau untuk mengutamakan bersilaturahmi dengan orang tua. Dan ASN tidak wajib datang ke Open House di Pendopo,” ucap Yana dalam upacara.

Ungkapan tersebut disambut tepuk tangan riuh rendah oleh para ASN. Sebab imbauan tersebut merupakan hal baru di Kota Bandung.

Yana yang juga akan hadir pada open house di Pendopo mengaku tidak melaksanakan tradisi mudik ke luar kota, sebab orang tuanya sama-sama tinggal di Bandung.

“Nanti saya juga mudik, bersilaturahmi ke orang tua saya, di Jalan Setiabudi,” tuturnya seraya berkelakar.***