Api Belum Padam, 75 Hektare Lahan di Gunung Ciremai Terbakar

KILASBANDUNGNEWS.COM – Kebakaran yang melanda kawasan Taman Nasional Gunung Ciremai (TNGC) Kabupaten Kuningan, Jawa Barat, semakin meluas. Lahan yang terbakar sudah mencapai kurang lebih 75 hektare.

“Data terakhir yang masuk sudah ada kurang lebih 75 hektare lahan terbakar,” kata Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kuningan Agus Mauludin di Kuningan, Selasa (29/10/2019).

Agus mengatakan, kebakaran kawasan TNGC, tepatnya terjadi di Blok Sigiribig, Desa Setianegara, Kecamatan Cilimus, Kabupaten Kuningan.

Saat ini, tim BPBD dibantu dengan personel lainnya sedang melakukan upaya pemadaman secara manual yaitu membuat sekat bakar.

“Kita terus upaya padamkan titik-titik api yang masih menyala dengan menerjunkan 126 personel dan juga membuat sekat bakar,” ujarnya.

Agus menambahkan, kendala yang dialami oleh tim pemadam di antaranya angin bertiup cukup kencang, tumbuhan mudah terbakar dan kesulitan komunikasi.

Kebakaran kawasan TNGC di Blok Sigiribig terjadi pada Senin (28/10/2019) sekira pukul 10.34 WIB dan sampai sekarang api belum dapat dikendalikan.

“Kebakaran terjadi kemarin, ini merupakan kejadian yang kesekian kalinya pada musim kemarau tahun ini,” katanya.***