Anak Lutung Lahir di Masa Pandemi, Koleksi Satwa Kebun Binatang Bandung Bertambah

Koleksi satwa lutung (Javan silvered leaf monkey) di Kebun Binatang Bandung. (Foto: Istimewa)

KILASBANDUNGNEWS.COM – Koleksi satwa di Kebun Binatang Bandung kembali bertambah dengan lahirnya seekor anak lutung (javan silvered leaf monkey) pada 3 Mei 2020.

‎Bayi lutung berwarna kuning emas yang lahir di tengah masa Pandemi Covid-19 ini diberi nama Remon.

Remon merupakan anak dari persilangan jantan bernama Albert dan betina bernama Luluk. Saat ini anak lutung tersebut nampak sehat dan terus bergelantungan pada induknya.

“Dengan lahirnya lutung tersebut saat ini kebun binatang Bandung atau bazoga memiliki koleksi sebanyak 4 ekor lutung,” ujar Humas Kebun Binatang Bandung Sulhan Syafi’i dalam keterangan resminya, Selasa (2/6/2020).

Sulhan mengatakan, setiap hari lutung-lutung tersebut diberi pakan sayur mayur, buah-buahan dan juga tempe mentah. Sementara itu, untuk anak lutung yang baru lahir diberi extra feeding berupa sepotong telur rebus.

“Untuk menambah ekstra feeding untuk anak yang baru lahir, kami juga memberikan sepotong telur rebus”, ujar kurator mamalia Bazoga, Abah Asep Heri Hermawan.

Seperti mamalia lainnya, bayi lutung ini juga mendapat perhatian lebih, terutama dari induknya dan nampak induknya sangat menjaga atau protektif pada si anak yang yang berusia sebulan tersebut.‎

Lutung perak ini ditemukan di sekitar wilayah Kalimantan dan Sumatera, termasuk di bagian barat daya semenanjung Melayu, Pulau Natuna dan pulau-pulau terdekat lainnya. Di habitat aslinya, primata ini tinggal di rawa mangrove dan kawasan hutan hujan.

Dalam daftar Uni Internasional untuk Konservasi Alam (International Union for Conservation of Nature and Natural Resources atau disingkat IUCN) hewan ini masuk dalam kategori hampir terancam punah. (PAR)