Amankan Listrik selama Pemilu 2019, PLN Jabar Siapkan 3.500 Petugas

Bandung – Bagian dari upaya untuk menjaga kehandalan listrik selama pelaksanaan Pemilihan Presiden dan Legiskatif yang akan berlangsung pada 17 April 2019 mendatang, PLN Unit Induk Distribusi Jawa Barat telah melakukan berbagai persiapan dengan periode siaga Pemilu 2019 yang dilaksanakan dari tanggal 17 Maret 2019 sampai 24 Mei 2019.

General manager PT PLN Unit Induk Distribusi Jawa Barat, Iwan Purwana mengatakan, untuk mengamankan pasokan di titik-titik acara selain telah bersinergi dengan pembangkit dan tranmisi pihaknya juga telah menyiapkan sekitar 3.502 petugas yang terdiri dari petugas Yantek dan personil Siaga.

“Selain menyiapkan petugas, untuk menjaga agar listrik tetap aman kita telah menyiapkan sekitar 560 unit kendaraan, 28 genset, 18 buah UPS, 92 unit gardu bergerak, dan 9 unit mobil deteksi,” kata Iwan, dalam Apel Siaga Kesiapan Pasokan Listrik dan Petugas PLN di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA), Selasa (19/3/2019).

Menurut Iwan, untuk mengamankan pasokan listrik selama kegiatan Pemilu, PLN UID Jabar secara intensif berkoordinasi dengan Komisi Pemilihan Umum (KPU) baik itu di tingkat provinsi maupun di Kabupaten/Kota dengan tujuan untuk melakukan pemetaan terhadap objek-objek yang dianggap vital sesuai dengan agenda Pileg dan Pilpres serentak yang pemungutan suaranya akan dilaksanakan pada 17 April 2019.

“Salah satu bentuk koordinasinya berupa memberikan perhatian kepada 597 titik siaga Pemilu 2019 meliputi KPU 1 titik, KPU Kota/Kabupaten 27 titik, dan PPK 569 titik, yang tersebar di seluruh Jawa Barat,” katanya.

Iwan menyatakan, PLN UID Jabar juga telah melakukan peningkatan keandalan pasokan listrik ke KPU yang meliputi pemasangan genset dengan total kapasitas 965,5 kVA, pemasangan UPS di KPU Provinsi dan KPU Kabupaten/ Kota sebanyak 14 titik, Pemeliharaan kubikel dan busbar 20 kV Gardu Induk,dan pemeliharaan penyulang.

“Mengingat posisi Jawa Barat yang cukup strategis, tentu PLN tidak akan melewatkan momentum ini. Kami siap mengawal pasokan listrik di setiap rangkaian Pemilu dan siap menjadi bagian dari kesuksesan penyelenggaraan pesta demokrasi di Jawa Barat,” ungkapnya.***


Rep: Suparno Hadisaputro