Aksi Kemanusiaan Rumah Zakat Action untuk Indonesia Timur

BANDUNG, KilasBandungNews.com – Rumah Zakat telah mengirimkan sekitar 5 relawan yang saat ini telah tiba di Wamena, Provinsi Papua untuk membantu warga yang terdampak kerusuhan.

CEO Rumah Zakat, Nur Efendi mengatakan, di Wamena para relawan tersebut akan menyalurkan bantuan logistik untuk warga dan juga mendirikan dapur umum

“Para relawan berkoordinasi dengan TNI dan Polri serta pihak-pihak terkait dalam upaya membantu warga Wamena, karena kami harus terus waspada agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan,” katanya.

Nur menyatakan, aksi kemanusiaan Wamena akan terus berlanjut hingga keadaan kembali normal termasuk rencana aksi selanjutnya berupa distribusi bantuan logistik dan paket makanan siap saji, pendampingan psikologi, layanan medis dan bantuan sosial.

“Sementara itu kebutuhan mendesak yang diperlukan warga Wamena adalah bahan pangan, keperluan bayi, obat-obatan, selimut dan pakaian serta hygiene kit,” ucap Nur, di Rumah Zakat Bandung, Senin (30/9/2019).

Menurut Nur, selain memberikan bantuan ke Wamena, pihaknya juga memberikan korban bencana gempa bumi di Ambon Maluku, bentuk bantuan yang didistribusikan untuk korban gempa Ambon antara lain 10 relawan, 300 paket makanan siap saji, air mineral serta layanan medis.

“Gempa susulan terus terjadi di Ambon Maluku, karena itu para relawan di lokasi selalu bersiap siaga untuk agar bila terjadi gempa yang lebih besar, kita dapat melakukan hal preventif untuk meminimalisir dampak negatifnya,” ujarnya. (Parno)