Bandung – Sebanyak 221 unit bis disiapkan di terminal Cicaheum untuk melayani pemudik menuju berbagai wilayah Jawa Tengah dan Jawa Timur pada Lebaran 2018.

“Dari 221 unit bus yang disiapkan terdiri dari 108 unit bus Antar Kota Antar Provinsi (AKAP), 83 unit bus Antar Kota Dalam Provinsi (AKDP), bantuan dari Damri sebanyak 20 unit dan 10 unit bis bantuan lainnya,” ujar Kepala Terminal Cicaheum Roni Hermanto seperti dilansir dari PRFM, Minggu (3/6/2018).

Selain menyiapkan armada angkutan, pihaknya juga bekerjasama dengan kepolisian, Dinkes, Koramil, Jasa Raharja dan Dishub menambah personel untuk pengamanan di terminal maupun petugas operasional penunjang mudik lainnya.

“Kerjasama dengan beberapa stakeholder kita siapkan personel sejumlah 74 orang,” sambungnya.

Roni memprediksi jumlah pemudik di terminal Cicaheum tahun ini turun 5 persen.

“Penurunan jumlah pemudik terjadi karena beberapa faktor seperti beralihnya ke moda transportasi kereta api, beralih ke kendaraan pribadi dan banyak instansi pemerintah maupun perusahaan swasta yang mengadakan mudik gratis,” ungkapnya.

Untuk memastikan keamanan dan kenyamanan pemudik selama perjalanan, pihaknya juga akan melaksanakan ramp check kendaraan terkait laik atau tidak laiknya kendaraan dioperasionalkan pada mudik tahun ini.

Selain itu para pengemudi juga akan dites kondisi fisiknya, seperti cek tensi darah, gula darah dan tes urin.

“Kemarin sudah rapat dengan Dinkes pada H-7 sampai H+7 lebaran agar menyiagakan petugas kesehatannya untuk melakukan cek kesehatan bagi pengemudi, supaya di jalan para penumpang aman dan nyaman,” tandasnya.***

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.