Bandung Zoo Rayakan 1 Tahun Kelahiran 2 Ekor Harimau Benggala Koleksinya

Kepala Kesehatan dan Penelitian Bandung Zoo, Dedi Trisasongko.

Bandung – Dua ekor anak Harimau Benggala dari induk bernama Syahrulkhan dan Syila milik Kebun Binatang Bandung (Bandung Zoo) yang lahir pada 25 Juni 2017 lalu, hari ini genap berusia 1 tahun.

Marketing Communications Bandung Zoo, Sulhan Safi’i mengatakan, Harimau Benggala masing-masing bernana Eshan (Jantan) dan Asmira (Betina) yang lahir waktu subuh tersebut, saat ini berada dalam kondisi sehat setelah melewati masa krisis dalam rentang 1 tahun.

“Selama 1 tahun kita pantau secara rutin, kita jaga kebutuhan nutrisi maupun asupan makanannya termasuk untuk kebutuhan mentalnya,” kata Sulhan saat ditemui di Bandung Zoo, Senin (25/6/2018).

Sementara itu, Kepala Kesehatan dan Penelitian Bandung Zoo, Dedi Trisasongko menyatakan, pertumbuhan kedua ekor Harimau Benggala tersebut sesuai dengan kondisi normal, baik dari sisi postur tubuh maupun berat badannya.

“Setelah dipisah dengan induknya, perkembangannya normal, kita cek setiap hari kondisi kesehatan, nafsu makan hingga berat badannya yang saat ini mencapai lebih dari 40 kg,” tuturnya.

Dedi menyatakan, di usianya yang baru satu tahun, Harimau Benggala belum siap untuk bereproduksi karena kondisi fisik maupun alat reproduksi belum memungkinkan.

“Setahun masih mudah belum siap bereproduksi, minimal 2 tahun baru bisa dan kita pantau terus perkembangan harimau tersebut,” pungkasnya.***

Suparno Hadisaputro/ LPS PRSSNI Bandung