1500 Bangunan Tua Akan Dijadikan Cagar Budaya Oleh Pemkot Bandung

geliat wisata di kota tua bandung (sumber foto : sebandung.com)

BANDUNG – Kota Bandung adalah kota peristirahatan warga Belanda pada masa penjajahan di masa lalu. Tak ayal, banyak bangunan di Kota Bandung memiliki gaya khas eropa yang patut diperlihara sebagai cagar budaya yang bernilai sejarah. Untuk itu, Wali Kota Bandung Ridwan Kamil menyebutkan, pihaknya akan melindungi 1.500 bangunan bersejarah tersebut.

“Di Bandung banyak sekali bangunan yang kita proteksi. Pada Perda 2010, ada 100 jumlah bangunan cagar budaya kategori A ditambah dengan Perwal 2016 sebanyak 271 bangunan kategori B. Sekarang ditambah 1.500 bangunan kategori C akan dilindungi. Di zaman saya mah bangunan-bangunan bersejarah akan kita lindungi,” ungkap Emil, Kamis (30/11/2017).

Banyaknya cagar budaya yang telah berubah fungsi, Emil mengaku tidak masalah. Yang terpenting baginya, pengelola tidak merubah bentuk bangunan, dan dipersilahkan memfungsikannya untuk bidang apapun.

“Ngga masalah, kan yang namanya cagar budaya itu kan fisiknya dipertahankan, sedangkan isinya boleh silih berganti, contohnya dulunya hotel kini jadi restoran,” ujarnya.

LPS PRSSNI Bandung