KILASBANDUNGNEWS.COM – Presiden Joko Widodo meresmikan Gedung Pelayanan Kesehatan Ibu dan Anak Rumah Sakit Hasan Sadikin atau RSHS Bandung, Pembangunan gedung yang menghabiskan anggaran Rp383 miliar tersebut terdiri dari 8 lantai dan 490 tempat tidur.

Jokowi menjadikan pembangunan Gedung Pelayanan Kesehatan Ibu dan Anak RSHS ini sebagai percontohan untuk rumah sakit pemerintah lainnya.

“Tata ruangnya sangat bagus, begitu pula furniturnya, dan yang paling penting seluruh peralatan rumah sakit sudah digital dan modern,” ucap Presiden, Kamis (29/8/2023).

Jokowi mengatakan, pembangunan gedung ini sebagai jawaban atas keluhan masyarakat selama ini terhadap kualitas rumah sakit kelas 3 pemerintah yang kerap kali gelap.

“Orang kita itu kalau sudah diberikan contoh, menirunya gampang. Tapi kalau belum diberikan contoh, diomongin seperti apa pun susah. Jadi diajak ke sini, nggak usah diomongin, tiru, copy, maka akan jadi,” katanya.

Jokowi pun menekankan, kualitas gedung RSHS saat ini sudah seperti hotel bintang 4 atau 5. Dilengkapi dengan furnitur yang modern dan memiliki peralatan digital yang kualitasnya terbaik dan standar tertinggi.

Gedung dalam 8 lantai plus satu basement dengan luas bangunan kurang lebih 32.000 m2 ini memiliki beberapa pusat pelayanan unggulan diantaranya bayi tabung, Layanan Sel Punca Berbasis Penelitian, Regional Neonatal Intensive Care Unit dan Fetal Therapy.

Pelayanan lainnya yang disediakan di gedung ini adalah intensive care unit 52 TT, high care unit 80 TT, ruang rawat obgin, anak, bedah wanita dan anak 312 TT dan ruang isolasi 50 TT, sehingga total menjadi 494 TT.

Menurut Presiden, masuk ke Gedung Kesehatan Ibu dan Anak RSHS terasa seperti memasuki hotel berbintang empat atau lima.

“Gedung baru RSHS ini suasana terang benderang. Presiden juga mendorong masyarakat untuk memanfaatkan fasilitas ini daripada harus mencari perawatan medis di luar negeri,” katanya. (Parno)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.